INFO
Kasus HIV/AIDS Terjadi Peningkatan

Kasus HIV/AIDS Terjadi Peningkatan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kasus HIV/AIDS di 13 kabupaten dan satu kota wilayah Provinsi Kalimantan Tengah terjadi peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan 2019.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah mencatat hingga Oktober 2019 sudah ada 60 kasus HIV dan 128 kasus AIDS, sedangkan di 2018 HIV ada 37 kasus dan AIDS 91 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul mengatakan dari 14 daerah yang tidak ada temuan kasus HIV/AIDS ada empat daerah yakni Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Sukamara, dan Kabupaten Seruyan.

Sementara daerah yang terbanyak temuan kasus HIV/AIDS yakni Kabupaten Kotawaringin Timur 56 kasus, Kabupaten Kotawaringin Barat 26 kasus, Kota Palangka Raya 27 kasus, dan Kabupaten Barito Utara 10 kasus.

Lainnya Kabupaten Barito Selatan 2 kasus, Kabupaten Barito Timur 3 kasus, Kabupaten Murung Raya 1 kasus, dan Kabupaten Pulang Pisau 3 kasus.

“Hingga saat ini persentasi kasus HIV yang diobati sudah mencapai 49 persen dari target 55 persen 3.422 : 6.932,” kata Suyuti, Kamis (14/11/2019).

Sementara program yang dilakukan dinas kesehatan untuk pengendalian HIV/AIDS adalah dengan melakukan konseling dan tes bergerak, diteksi dini HIV, sifilis, dan hepatitis B pada ibu hamil serta orientasi tatalaksana pengendalian HIV AIDS dan PIMS. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*