INFO
Kawal Usulan Reses dan Musrenbang

Kawal Usulan Reses dan Musrenbang

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Usulan masyarakat, baik yang disampaikan melalui reses anggota DPRD maupun melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) oleh Pemerintah Kota, menjadi dasar bagi pihak DPRD Palangka Raya, untuk terus mengawal kesemua usulan tersebut.

Demikian disampaikan anggota DPRD Palangka Raya dari Fraksi PDI Perjuangan, Riduanto, saat dibincangi, Selasa (21/1/2020).

Dikatakan, aspirasi masyarakat, baik melalui reses dan musrenbang sejatinya menjadi skala prioritas dalam setiap program dan kebijakan pembangunan.

Kegiatan reses ataupun musrenbang itu sendiri bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat. Dengan adanya aspirasi masyarakat, setidaknya menjadi bahan masukan bagi eksekutif dan legislatif untuk mengetahui permasalahan yang ada di tengah masyarakat saat ini.

“Bagi DPRD Palangka Raya sudah pasti berkomitmen mengawal usulan masyarakat, baik melalui hasil reses atau musrenbang, itu, “ujar Riduanto, menegaskan.

Diungkapkan aspirasi hasil reses, baik yang disampaikan masyarakat per daerah pemilihan anggota DPRD ataupun dari tingkat kelurahan dan kecamatan selalu banyak diajukan dengan jenis permasalahan yang beragam pula.

“Kami berharap, usulan yang beragam ini setidaknya bisa diakomodir di tahun anggaran 2020 maupun tahun anggaran berikutnya,”harap politikus PDI Perjuangan ini.

Di sisi lain lanjut dia, DPRD melalui trifungsinya akan ikut membantu mengawasi jalannya pemerintahan dan proses pembangunan sehingga bisa berjalan lancar sebagaimana mestinya.

“Bila melihat secara porsi, maka aspirasi masyarakat melalui reses setidaknya akan masuk sebanyak 30 persen dan 70 persen lainnya merupakan aspirasi masyarakat yang disampaikan dalam Musrenbang. Ini harus kita kawal,”tukasnya.

Pihak dewan sendiri imbuh Riduanto akan melihat usulan yang masuk skala prioritas sehingga tidak melenceng dari visi dan misi pemko saat ini.

“Infrastruktur yang menjadi prioritas pemko saat ini, kita harapkan dapat sejalan dengan pembangunan dari program sarana prasarana sektor lainnya. Terutama yang menyentuh langsung dengan masyarakat,”pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*