INFO
Kebijakan Pengelolaan Statistik Sektoral dan Masterplan Penyelenggaraan Satu Data Kalteng Yang Terintegrasi

Kebijakan Pengelolaan Statistik Sektoral dan Masterplan Penyelenggaraan Satu Data Kalteng Yang Terintegrasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa data yang berkualitas membantu perencanaan dalam pembangunan yang berkualitas, sehingga mencapai tujuan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat tercapai. Sehingga dilaksanakan Pembinaan Penyelenggaraan Kegiatan Statistik Sektoral di Bahalap Hotel Jalan RTA Milono Km 1,3 Palangka Raya, Rabu (20/11/2019)
 
Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, Herson B. Aden sebagai narasumber menyampaikan, peran data dalam pembangunan adalah sebagai analisis permasalahan dalam penyusunan kebijakan rencana pembangunan daerah, Penetapan indikator-indikator pembangunan dan Evaluasi hasil pencapaian pembangunan. Siklus penyusunan perencanaan pembangunan, artinya dimulai dari menyusun kajian kebijakan, penulisan dokumen perencanaan sampai dengan pengendalian atas pelaksanaan, yang menjadi input penyusun rencana tahun berikutnya dan dari semua itu dibutuh data berkualitas.
 
Herson B. Aden juga menyampaikan Sistem Informasi Pembangunan Daerah Sistem Informasi (SIPD) yang digunakan untuk pengelolaan data dan informasi, penyusunan, monitoring dan evaluasi dokumen rencana pembangunan daerah secara elektronik dan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah secara nasional. 
 
Lebih lanjut dijelaskan ada 4 pilar SIPD yaitu e-Database tentang Suatu sistem yang menginventarisir dan mengolah data kondisi daerah berbasis online, e-Planning tentang Suatu sistem perumusan kebijakan perencanaan pembangunan daerah berbasis online, e-Monev tentang Suatu sistem yang digunakan untuk menilai dan mengukur capaian kinerja penyelenggaraan pembangunan daerah berbasis online dan e-Reporting tentang suatu sistem yang digunakan untuk menyusun dokumen analisis pembangunan daerah dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (MC.Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*