INFO

Kecamatan Pahandut Luncurkan Website K-POINT

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Terobosan cemerlang ditelorkan oleh Kecamatan Pahandut. Dari lima kecamatan di Kota Palangka Raya baru dua Kecamatan yang sudah memiliki website resmi, yakni yang pertama Kecamatan Sabangau dan yang kedua Kecamatan Pahandut.

Website dengan alamat kec-pahandut.palangkaraya.go.id ini secara resmi di-launching, Jumat (19/5/2017). Acara peluncuran website ini dihadiri Asisten I Gunawan Abel, Kepala Diskominfo Murni, dan Camat Pahandut, M Zaini.

Layanan informasi yang disajikan melalui dunia maya ini disebut K-POIN (Kecamatan Pahandut Open Information). Di layar web ini ditampilkan profil kecamatan, agenda, layanan publik, galeri, berita, transparansi, donwlod, kontak, dan palangkaraya.go.id.

Dalam laporannya Kasubag Keuangan, Perencanaan, dan Aset Kecamatan Pahandut, Yuririn Richi mengatakan peluncuran K-POIN ini merujuk UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Keputusan Walikota Palangka Raya No 188/44/2017 tentang pembentukan tim pelaksanaan proyek perubahan pelayanan sistem informasi, kinerja program, dan kegiatan.

Adapun tujuan K-POIN untuk jangka pendek terlaksananya koordinasi yang baik dengan kelurahan dan berkolaborasi dengan dinas komunikasi dan informatika. Tersedianya sarana informasi elektronik berbasis website yang terintegrasi dalam rangka mendukung keterbukaan informasi, evaluasi kinerja, program, dan kegiatan serta terlaksananya pelayanan prima bagi masyarakat.

Selanjutnya tujuan jangka menengah yang ingin dicapai adalah penilaian evaluasi laporan kinerja instansi pemerintah dan kelengkapan laporan kinerja pemerintahan daerah yang makin membaik. Lalu penyempurnaan aplikasi sistem informasi dan evaluasi sampai 2018 dengan memperbanyak daya tampung data dan mensinergikan dengan kecamatan lainnya.

Sedangkan tujuan jangka panjang adalah Kecamatan Pahandut bisa menjadi percontohan dalam penerapan keterbukaan informasi, evaluasi, kinerja, dan program berbasis website terintegrasi.

Yuririn Richi menambahkan adapun manfaat K-POIN ini untuk membuka akses terhadap informasi kepada masyarakat dan memiliki kinerja akuntabilitas yang baik, sehingga turut memperbaiki penilaian terhadap kinerja instansi pemerintah.

Selain itu untuk mewujudkan Kecamatan Pahandut sebagai tempat pelayan prima dan berwawasan lingkungan sesuai filosofi budaya huma betang dan sesuai visi misi walikota 2013-2018.

Camat Pahandut, M Zaini menambahkan melalui K-POIN ini semua kegiatan yang dilaksanakan mulai tingkat kecamatan, kelurahan, dan RT bisa dipantau melalui website ini.

“Jadi mulai sekarang semua aparatur kelurahan diwajibkan untuk menyampaikan informasi kepada kecamatan, nanti kita yang akan mengeditnya,” tuturnya.

Zaini menjelaskan tidak hanya program saja yang harus ditampilkan di website ini, namun semua aktivitas masyarakat, misalnya kegiatan gotong royong warga juga harus di-publish. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*