INFO
Kecapi Kesenian Warisan Leluhur Dayak

Kecapi Kesenian Warisan Leluhur Dayak

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah berharap, event bermain alat musik Kecapi terbanyak guna pemecahan rekor dunia dan musium rekor Indonesia (MURI), dapat memotivasi orang tua untuk mengajarkan kepada anak-anaknya mengenal lebih jauh kearifan lokal.

Terlebih kata dia, dengan derasnya pengaruh globalisasi yang masuk, maka para generasi muda juga harus dibentengi dengan mengangkat kultur dan kebudayaan agar terus lestari dan bermartabat.

“Semoga kegiatan ini bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, bermain kecapi yang dipadu dengan seni karungut adalah kesenian daerah warisan leluhur Dayak,” tuturnya, usai menghadiri acara bermain Kecapi terbanyak  pemecahan rekor MURI, Minggu (5/8/2019) pagi, di Taman Kota Jalan Yos Sudarso Palangka Raya (depan Stasiun TVRI Kalteng).

Pada kesempatan itu Umi menekankan bahwa Pemko Palangka Raya berkomitmen atas pelestarian kesenian dan nilai budaya serta keraifan lokal. Salah satunya tercermin dalam kegiatan pemecahan rekor MURI bermain kecapi terbanyak.

“Dengan diadakannya kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan memotivasi anak-anak untuk bisa melestarikan budaya Kalteng, khususnya seni budaya kecapi,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya, Norma Hikmah menjelaskan jika pihaknya bangga bermain kecapi terbanyak itu bisa masuk dalam rekor dunia MURI.

“Kegiatan bermain kecapi ini merupakan langkah jitu dalam memporomosikan produk wisata dan mempopulerkannya kepada generasi muda,” ucapnya.

Senada dengan hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Sahdin Hasan mengungkapkan, jika pihaknya ingin mengedukasi kepada masyarakat bahwa kecapi maupun karungut, sebagai media transformasi serta memberikan ruang anak-anak muda untuk berekspresi dan mengembangkan nilai seni.

“Kecapi dan karungut merupakan satu kesatuan, dimana di dalamnya terdapat banyak hal yang berkenaan dengan edukasi moral dan nasehat serta pengetahuan,” tandas Sahdin. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*