INFO

Kegiatan KKDN Beri Masukan Untuk Mendukung Pertahanan Wilayah Kalteng

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Paparan Hasil Kajian Wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) oleh Pasis Sesko TNI dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Pasis Dikreg XLVIII Sesko TNI Tahun 2021 secara virtual mewakili Walikota oleh Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM H. Supriyanto di Ruang Command Center Kantor Walikota Jl. Tjilik Riwut Palangka Raya, Kamis pagi (29/7/2021).

Gubernur Kalteng diwakili Staf Ahli Gubernur (SAG) Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Herson B. Aden, hadir dan memaparan Executive Summary (ringkasan singkat) dari kegiatan Kuliah Kerja Dalam Negeri Perwira Siswa Sekolah dan Staf Komando TNI (KKDN Pasis Sesko TNI). Turut hadir dalam kegiatan tersebut secara virtual, Wakapolda Kalteng, Kasi Pers Korem 102/PJG, Danlanal Banjarmasin.

KKDN Sesko TNI merupakan kegiatan regular Dikreg Sesko TNI yang bertujuan memberikan pembekalan pengetahuan kepada Perwira Siswa (Pasis) tentang potensi Sumber Daya Nasional dengan segala karakteristik geografisnya di daerah untuk dijadikan ruang dan alat pertahanan Negara yang tangguh dan handal guna mengantisipasi dan menghadapi dinamika ancaman dan pertahanan di masa depan.

Pada kesempatan tersebut, Pasis KKDN Sesko diwakili oleh Kol. Arh Rachmady/019 menyampaikan paparan Executive summary terkait kajian wilayah Kalteng, Kol. Arh Rachmady antara lain menekankan perlunya diperhatikan prinsip penataan dan pemberdayaan sumber daya nasional melalui pemetaan kondisi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, sarana dan prasarana di wilayah Kalteng untuk kemudian dilakukan prioritas pengembangan dan pembangunan peningatkan kearifan lokal.

“Analisis SWOT (Strengths / kekuatan, Weakness / kelemahan), Opportunities /peluang) dan Threats /ancaman) bidang pertahanan yakni pengunaan seluruh kekuatan yang ada dengan memanfaatkan seluruh peluang yang ada berupa penyiapan medan pertahanan, menyiapkan kekuatan dan dukungan logistik yang bertumpu pada pertahanan yang mendalam untuk menghadapi ancaman baik ancaman militer maupun non-militer khususnya di Kalteng di antaranya adalah pandemi Covid-19, ancaman narkoba , kebakaran hutan dan lahan, konflik sosial dan ancaman radikalisme/terorisme dimana ancaman tersebut masih relevan saat ini dan di masa mendatang”, ungkap Kol. Arh Rachmady dalam paparannya.

Sementara itu, SAG Herson B. Aden dalam sambutan Gubernur yang dibacakannya menyampaikan, “Kami mengapresiasi kepada jajaran Pasis Sesko TNI dan peserta KKDN TNI angkatan ke-48 tahun 2021 yang telah menyampaikan Executive summary tersebut, tentu akan sangat bermanfaat bagi Pemerintah Provinsi Kalteng, khususnya dalam menentukan kebijakan pengembangan potensi Sumber Daya Nasional untuk pertahanan Negara.”

Lebih lanjut Herson mengatakan bahwa hasil kajian strategis dalam Executive Summary akan menjadi bahan masukan penting untuk lebih mendorong percepatan program-program pembangunan di Kalteng, dalam rangka mewujudkan kemajuan daerah dan masyarakat Kalteng yang semakin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis).

“Menjadi harapan kita bersama, kegiatan KKDN ini dapat memperkaya wawasan, khususnya bagi para perwira siswa, dalam mengembangkan lingkungan straregi andal, untuk mengatasi segala ancaman yang ada. Para perwira siswa ini dipersiapkan sebagai pemimpin di masa depan, agar mampu mengambil keputusan terbaik dalam berbagai masalah yang dihadapi, terutama dalam konteks pertahanan Negara,” terang Herson dalam akhir sambutannya mewakili Gubernur. (MC.Isen Mulang/bamw/wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*