INFO
Kelompok Usaha Bersama (Kube) Panen Ikan Patin

Kelompok Usaha Bersama (Kube) Panen Ikan Patin

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kementerian Sosial Republik Indonesia menyalurkan bantuannya kepada Kelompok Usaha Bersama (Kube) Fakir Miskin binaan Dinas Sosial Kota Palangka Raya yang tahun 2018 lalu telah mendapatkan bantuan modal usaha sebesar 20 juta perkelompok (10 orang).

Salah satu yang dikembangkan adalah budidaya ikan patin dan sudah menunjukkan keberhasilannya, hingga siap panen milik Kelompok Hapakat ini, yang berlokasi jalan Nyaru Menteng Palangka Raya, Rabu (3/7/2019).

Menurut Junaisa sebagai pendamping Kube Hapakat ini, pencairan dana tersebut bulan September 2018 dan pembelian bibit Ikan dibeli bulan November 2018. Jadi uang yang masuk ke Kube tersebut sudah termasuk untuk pakan ikan dan bibitnya.

Jenis usaha dipilih bebas tiap-tiap kelompok, ada pembibitan sapi, kambing. Dana ini bersifat dana hibah dan dibuat laporan pertanggungjawabannya ke Kemensos dalam satu tahun harus ada laporan berkala tiap bulan dan dibuat melalui pendamping.

Sedangkan Wakil Walikota Hj. Umi Mastikah mengatakan salah satu misi dan visi Walikota adalah meningkat kesejahteraan rakyat, salah satunya di bidang perikanan. Dan harapannya kita akan mendayagunakan lagi baik sarana dan prasarana. Melalui dinas terkait akan melakukan kerjasama lagi yang lebih inovatif. Pemerintah Kota Palangka Raya akan mendukung sehingga ada penguatan-penguatan untuk perekonomian masyarakat. (MC. Isen Mulang /Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*