INFO
Kelurahan Kalampangan Lakukan Gotong Royong dan Pembagian Bubuk Abate

Kelurahan Kalampangan Lakukan Gotong Royong dan Pembagian Bubuk Abate

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Warga Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya terus mengoptimalkan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan. Hal tersebut dilakukan bukanlah tanpa sebab, mengingat di kelurahan itu telah ditemukan sejumlah kasus demam berdarah dengue (DBD).

“Ya, ada empat warga Kalampangan yang terpapar DBD, bahkan yang terpapar wabah ini semuanya satu keluarga atau satu rumah. Kami sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan fogging terutama di rumah warga yang sudah endemik DBD,” ungkap Lurah Kalampangan, Hadi Suwandoyo, Rabu (28/11/2018).

Kata Hadi, pengasapan atau fogging tidak dilakukan menyeluruh di lingkungan warga yang ada di Kalampangan, namun hanya sebatas pada rumah warga yang sudah kena wabah DBD berdasarkan observasi pihak kesehatan.

“Fogging bukan jalan satu-satunya mencegah DBD, karena  tetap ada efek sampingnya. Yang lebih penting adalah bagaimana warga memiliki kesadaran menjaga kebersihan lingkungan. Nah, gotong royong inilah yang terus kami galakkan,” ujarnya.

Upaya memaksimalkan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan ini kata Hadi, juga sejalan dengan instruksi Walikota Palangka Raya Fairid Naparin yang meminta masyarakat di lingkungan kecamatan dan kelurahan untuk melakukan pencegahan bersama wabah DBD.

“Bersama  warga di lingkungan  RT/RW yang ada kami melakukan pencegahan DBD melalui gotong royong terutama pada daerah yang rawan menyebar jentik-jentik nyamuk pembawa virus yang mematikan tersebut,” tambahnya lagi.

Selain gotong royong lanjut Hadi, pihaknya juga bekerjasama dengan dinas kesehatan maupun rumah sakit untuk melakukan sosialisasi bahaya DBD yang langsung dilakukan turun ke lapangan.

“Jadi bukan sekedar sosialisasi semata, akan tetapi ada action mengajak masyarakat membersihkan lingkungan, sembari menginformasikan dan membagikan serbuk Abate yang disediakan dinas kesehatan untuk mencegah penyebaran DBD,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*