INFO
Kelurahan Menteng Sosialisasikan 3 M Plus dan Bagikan Bubuk Abate

Kelurahan Menteng Sosialisasikan 3 M Plus dan Bagikan Bubuk Abate

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pihak Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya bersama dengan petugas dari Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya terus dengan gencar melakukan sosialisasi kewaspadaan serangan demam berdarah dengue (DBD). Disela sosialisasi berupa imbauan itu, pihak kelurahan juga membagikan bubuk abate.

Lurah Menteng, Kamala Ratna menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan pihaknya bukan tanpa sebab, mengingat saat ini durasi turunnya hujan cukup tinggi. Terlebih puncak hujan diprediksi dari bulan Desember hingga Januari mendatang.

“Memang untuk wilayah Kelurahan Menteng ini belum ada didapat warga yang terdampak atau sampai meninggal dunia akibat terpapar DBD. Tetapi karena itulah kita lebih gencar melakukan sosialisasi dan imbauan,” tuturnya, Selasa (11/12/2018).

Menurut Ratna, dalam kegiatan sosialisasi itu pihaknya langsung menyasar kerumah-rumah warga. Terutama dipemukiman padat penduduk yang memiliki situasi lingkungan rentan menjadi tempat bersarangnya nyamuk mematikan tersebut.

Disana kata dia, petugas kelurahan bersama dengan petugas dinas kesehatan serta didampingi Bhabimkamtibmas kelurahan, menganjurkan warga menerapkan pola hidup bersih dan menerapkan program 3 M plus,  yakni menguras tempat atau wadah penampungan air lalu mngubur barang bekas dan menutup tempat penampungan air.

“Kita juga mengarahkan warga selalu menggunakan kelambu saat tidur atau beristirahat termasuk memanfaatkan obat nyamuk yang banyak dijual di warung, kios atau toko,” ujarnya.

Dalam kegiatan sosialisasi itu tambah Ratna, pihaknya juga membagikan bubuk abate kepada warga, untuk ditaburkan di bak mandi agar jentik nyamuk demam berdarah cepat mati.

“Intinya kegiatan sosialisasi ini mengajak sekaligus membangun kesadaran masyarakat akan bahaya nyamuk Aedes Aegypti yang dapat mengganggu kesehatan bahkan mengancam keselamatan jiwa,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*