INFO

Kelurahan Petuk Katimpun Bentuk Masyarakat Peduli Api

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Berdasarkan ramalan dari Badan Metreologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) musim kemarau akan berlangsung mulai Juli 2017. Musim kemarau tahun ini kategori basah, karena ada potensi hujan.

Biasanya selama musim kemarau selalu terjadi kebakaran hutan dan lahan, sehingga berakibat bencana kabut asap. Dampaknya bisa mengganggu kesehatan manusia dan jarak pandang untuk kepentingan transportasi juga terganggu.

Tidak mau bencana kabut asap terulang seperti pada 2015, maka mulai dari sekarang jajaran pemerintah dan masyarakat mulai melakukan persiapan. Salah satunya membentuk masyarakat peduli api (MPA).
Di Kelurahan Petuk Katimpun, kelompok MPA ini dibentuk, Rabu (12/7/2017). Di saat yang bersamaan ini juga dibentuk MPA Kelurahan Marang.

Dalam setiap kelompok MPA beranggotakan 15 orang. “Pembentukan MPA ini sekaligus dilaksanakan pelatihan kepada 30 orang. Selaku pemberi pelatihan dari balai pengendalian perubahan iklim kebakaran hutan dan lahan (BPPIKHL) Provinsi Kalimantan Tengah Daerah operasi Palangka Raya,” tulis Lurah Petuk Katimpun, Zaid Bachsin kepada mediacenter palangkaraya, Rabu (12/7/2017) sore.

Saat pembentukan dan pelatihan MPA ini juga dihadiri oleh Babinsa dan Babinkamtibmas dari Polsek Pahandut serta dari Manggala Agni. Ikut hadir Ketua RT 03 Zainudin S Udang dan beberapa tokoh masyarakat.

Lurah Petuk Katimpun menyambut baik dibentuknya kelompok peduli api ini. Diharapkan keberadaannya bisa mencegah sekaligus meminimalisasi bencana kebakaran hutan dan lahan selama musim kemarau. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*