INFO
Kemampuan Bela Negara Sedang Diuji

Kemampuan Bela Negara Sedang Diuji

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Belakangan ini kemampuan bela negara bangsa Indonesia sedang diuji, dimana banyak terjadi peristiwa yang bersifat mengadu domba. Karena itu warga negara sebagai bagian NKRI, harus mampu mencegahnya.

Penegasan itu disampaikan Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin dalam sambutannya yang dibacakan Plt. Asisten I Setda Kota Palangka Raya, Murni, usai mengukuhkan pengurus Forum Bela Negara (FBN) Kota Palangka Raya periode 2019-2022, yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)  Kota Palangka Raya, Sabtu (29/6/2019).

Disampaikan Murni, upaya memecah belah lewat isu-isu yang bermuatan SARA, harus dicegah. “Disinilah kemampuan sikap bela negara kita di uji,” ungkapnya lagi.

Bela negara kata dia adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Karena itu sebagai warga Indonesia harus siap untuk melakukan bela negara. Salah satunya dengan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa,” tegasnya.

Kata Murni, dengan dibentuknya pengurus FBN Kota Palangka Raya, diharapkan dapat menjaring aspirasi masyarakat dibidang bela negara.

Disamping itu menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi kemasyarakatan; menggali dan melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan local; menyelenggarakan sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan bela negara, dan; merumuskan rekomendasi kepada pimpinan daerah sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan bela negara.

Bela Negara tidaklah tumbuh dengan sendirinya, akan tetapi harus ditanamkan dan ditumbuh kembangkan dengan berbagai upaya.

“Mari kita mulai dari hal-hal kecil, mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan pekerjaan,” jelas Murni.

Di tempat yang sama Kepala Kesbangpol Kota Palangka Raya, Januminro mengatakan, sejatinya sikap bela negara akan membentuk perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan hukum.

“Kita sebagai warga negara Indonesia harus siap untuk melakukan bela negara. Salah satunya dengan memelihara persatuan dan kesatuan,” tuturnya.

Adapun kepengurusan FBN Kota Palangka Raya periode 2019-2022, yang dilantik dan diambil sumpah janjinya itu,  terdiri atas 14 orang, dengan ketua Mambang I Tubil, M. Andrie Rizki Perdana sebagai wakil ketua, Fauzi Rahman sebagai sekretaris, Endang Tiurma sebagai bendahara, dan Ferry Santoso sebagai koordinator Bidang Kesekretariatan dan Humas, serta sejumlah bidang lainnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*