INFO
Kemenpar Gelar ISTA di Kota Palangka Raya

Kemenpar Gelar ISTA di Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kementerian Pariwisata menggelar kegiatan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019 untuk mendorong hadirnya destination berkelanjutan kelas dunia. Untuk itu dilakukan penjurian dari Kemenpar di Desa Wisata Kereng Bangkirai Jalan Mangku Raya Palangka Raya, Senin (22/7/2019).

Juri dan ketua Tim Visitasi Lapangan ISTA 2019 Kemenpar RI Prof Winda Mingkid, menyampaikan “ISTA saat ini adalah yang ketiga, tujuan kami untuk melihat dan menvisitasi dan melihat apa saja yang sudah dibenahi, dan seberapa besar sudah dibenahi”.

Sehubungan dengan ISTA 2019 ada 4 kriteria yang akan dinilai. Yang pertama, bagaimana tata kelolanya, kedua Pemberdayaan Masyarakatnya, ketiga apakah sudah melestarikan seni budayanya dan yang keempat tentang pelestarian lingkungan

Tim nanti melakukan penilaian melalui wawancara dan meninjau langsung ke lapangan. Harapannya kalau laporannya 80 persen, ternyata setelah di cek 90 persen, ungkap Prof Winda Mingkid.

Dalam wawancara tersebut, ada beberapa pertanyaan antara lain yang dibuktikan dokumen atau foto kegiatan, perencanaan RTRW, Amdal, program pendidikan tentang perubahan iklim, hukum adat, daftar situs budaya, survey tingkat kepuasan pengunjung, dan sebagainya. (MC Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*