INFO
Kenaikan PAD Perlu Dijabarkan Per Triwulan 

Kenaikan PAD Perlu Dijabarkan Per Triwulan 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palangka Raya tahun 2019 ini diasumsikan naik sebesar Rp 4 Miliar lebih, baik itu dari retribusi maupun pendapatan.

Adanya kenaikan PAD ini menurut Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto, sebaiknya dijabarkan per triwulan berapa kenaikannya oleh OPD  terkait.

“Jika ada kenaikan PAD, maka perlu dijabarkan per triwulan, sehingga dapat diketahui seberapa jauh kenaikan PAD tersebut” ungkapnya, Rabu (24/7/2019).

Memang lanjut Sigit, jika berdasarkan keterangan pihak Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, telah  ada penambahan anggaran yang cukup signifikan, terutama  pada dua dinas. Hanya saja kenaikan PAD pada dua dinas ini lagi-lagi masih berupa metode saja tanpa adanya penjabaran.

Akan lebih bagus, jika sumsi kenaikan PAD ini dijabarkan dengan konsep perencanaan pembangunan, yakni sudah mulai start di tahun 2019 hingga mulai berjalannya proses pembangunan di 2020.

“Kita dapat lihat dari serapan anggaran per triwulan yang masih rendah. Jadi saya pikir asumsi kenaikan PAD sulit juga diukur, mengingat selama ini pelaksanaan  pembangunan dari perencanaan program  selalu dihadapkan dengan pendeknya waktu,”ujarnya.

Maka itu hendaknya lanjut Sigit hal-hal yang berkenaan dengan PAD tersebut, harus juga disampaikan dan dijabarkan per triwulan seiring penjabaran serapan anggaran,” cetusnya

Pada bagian lain Sigit mengungkapkan, jika arah pembangunan saat ini lebih banyak ke infrastruktur, termasuk program pembangunan yang diusulkan masyarakat dalam kegiatan Musrenbang maupun masukan saat Reses anggota dewan  ke masing-masing Dapil.

Menurutnya, program infrastruktur ini akan lebih terlihat capaiannya jika perencanaan program pembangunan lebih awal dilakukan oleh OPD.

“Selama ini masih saja target serapan anggaran dan pekerjaan fisik di OPD tidak sesuai harapan,” tukasnya.

Kondisi ini tambah dia,  tentu merugikan bagi pemerintah kota, tidak hanya anggaran yang tidak terserap, namun juga dari sisi PAD juga akan terpengaruh. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*