INFO
Kepariwisataan Tidak Bisa Berjalan Secara Mandiri

Kepariwisataan Tidak Bisa Berjalan Secara Mandiri

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Memaksimalkan pengembangan potensi sektor kepariwisataan di Kota Palangka Raya tidak cukup dijalankan secara mandiri oleh pelaku kepariwisataan. Namun agar kepariwisataan dapat berjalan signifikan, memerlukan dukungan dari berbagai kalangan.

“Dukungan penuh yang diharapkan dalam pengembangan kepariwisatan itu tidak lain, pemerintah dan masyarakat,”ungkap Wakil Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya M Hasan Busyairi, Senin (17/2/2020).

Hasan mengakui, bahwa upaya menggenjot sektor pariwisata di wilayah Kota Cantik selama ini terus diupayakan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya. Bahkan didukung oleh Pemerintah Provinsi Kalteng dalam berbagai lini pengembangan.

Namun lagi-lagi kata dia, untuk memaksimalkan pengembangan potensi sektor pariwisata agar lebih signifikan, masih perlu banyak dukungan dari berbagai kalangan.
Terutama dalam upaya membenahi setiap obyek wisata yang ada agar lebih memiliki daya tarik.

“Jika kepariwisataan di Kota Palangka Raya ini berkembang maka diharapkan kedepan akan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),”sebutnya.

Tidak bisa dipungkiri lanjut Hasan, ketika berbicara tentang peningkatan sektor pariwisata, maka tidak lepas dari berbagai kendala, kekurangan maupun halangan serta hambatan yang dihadapi.
Artinya, membangun sektor pariwisata memang tidaklah semudah membalikan telapak tangan, karena dalam pelaksanaannya sangat memerlukan bantuan, dukungan, koordinasi dan sinergitas dari semua pihak.

“Contoh obyek atau destinasi pariwisata di Kota Palangka Raya sseperti Sei Gohong, Sebangau, Kereng Bangkirai dan daerah Flamboyan Bawah. Hingga kini masih banyak yang harus dibenahi,”ucapnya lagi.

Menurutnya, dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah pada semua tingkatan, baik kota, provinsi dan pemerintah pusat, maka segala kekurangan akan bisa terpenuhi.

Tak kalah penting selain itu, maka peran penting dukungan dan pro aktif masyarakat dalam menunjang pengembangan kepariwisataan menjadi kunci utama.

“Bila sektor pariwisata menggeliat, maka secara tak langsung mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi disuatu daerah. Baik dalam ekonomi makro maupun mikro. Ini yang perlu diperhatikan masyarakat. terutama mereka yang berada di kawasan wisata,”tutur politikus Partai Golkar ini.

Maka dari itu tambahnya, selain pemerintah maka dukungan masyarakat dalam peningkatan objek wisata menjadi penentu maju atau berkembangnya dunia kepariwisataan di suatu daerah. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*