INFO
Kepribadian Bhuta Kala Digambarkan dengan Ogoh-ogoh

Kepribadian Bhuta Kala Digambarkan dengan Ogoh-ogoh

Media Center, Palangka Raya – Umat Hindu di Palangka Raya baru saja menggelar pawai ogoh-ogoh, Rabu (6/3/2019) sore hingga petang. Ada 5  patung besar dan banyak patung kecil yang diarak dalam pawai menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941.
 
Sebelum pawai ogoh-ogoh digelar, seluruh umat Hindu yang ada di Palangka Raya mengikuti Ritual Tawur Agung Kesanga/Mamapas Lewu mulai pagi hingga siang yang berlokasi di Bundaran Besar, dengan berbagai ritual lainnya.
 
Ogoh-ogoh menggambarkan kepribadian Bhuta Kala, yang dalam ajaran Hindu Dharma yaitu merepresentasikan kekuatan (Bhu) alam semesta dan waktu (kala) yang tak terukur dan tak terbantahkan dan digambarkan Bhuta Kala sebagai sosok yang besar dan menakutkan seperti wujud raksasa .
 
Kegiatan ogoh-ogoh dalam menyambut Hari Raya Nyepi cukup menarik perhatian masyarakat Kota Palangka Raya, yang berdatangan menyaksikan arak-arakan ogoh-ogoh di Bundaran Besar serta  dengan berbagai macam pertunjukan lainnya.
 
Pawai juga melibatkan anak kecil, agar semenjak dari kecil sudah ditumbuhkan semangat dan bangga dengan tradisi perayaan Hari Raya Nyepi ini. (MC Isen Mulang/in)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*