INFO
Kerajinan Getah Nyatu Rutan Palangka Raya Sudah Sampai di Kancah Nasional

Kerajinan Getah Nyatu Rutan Palangka Raya Sudah Sampai di Kancah Nasional

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Hasil kerajinan dengan bahan getah nyatu yang dibuat warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya ternyata sudah sampai di kancah nasional.

“Terakhir kita tampilkan pada pameran di Jakarta Oktober lalu. Kita dapat penghargaan dari kementerian dan berhasil menjadi juara satu,” kata Kasubsi Bimbingan Kegiatan Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Erik Jhon Sitohang, Senin (19/11/2018).

Erik menuturkan semua hasil kerajinan itu murni kerja keras warga binaan. Sebelumnya mereka lebih dahulu mendapat pembinaan oleh petugas Rutan setempat.

Pihak Rutan membandrol harga termurah sebesar Rp5 ribu dan termahal Rp800 ribu. Semua hasil kerajinan juga ditampilkan pada kegiatan launching sahabat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Palangka Raya di GPU Palampang Tarung.

Pihaknya juga menampilkan kerajinan dengan bahan dasar bambu. Bambu tersebut mampu dibuat mirip perahu. Bahkan banyak di antaranya yang dimasukkan dalam botol.

“Kalau yang untuk bahan bambu ini baru berjalan sebulan. Membuatnya butuh waktu empat hari dengan melibatkan tiga warga binaan,” tuturnya.

“Kami berharap mendapat dukungan dari pemerintah kota, salah satunya bisa membantu menyediakan getah nyatu. Karena itulah yang sulit kita cari,” tandasnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*