INFO
Kesadaran Bersama Kunci  Keberhasilan Meraih Adipura

Kesadaran Bersama Kunci Keberhasilan Meraih Adipura

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah mengatakan, Kota Cantik Palangka Raya akan mampu meraih  piala Adipura, sepanjang ada kesadaran bersama dalam tata kelola kebersihan dan lingkungan.

Menurutnya, untuk mendapatkan supremasi tertinggi pengelolaan lingkungan dan kebersihan  itu, maka kesadaran masyarakat diperlukan dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Keterlibatan masyarakat untuk memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan, salah satu indikator dari penilaian Adpura oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH),”ucapnya, Kamis (27/6/2019).

Diungkapkan, suatu  daerah yang berhasil dalam meraih supremasi piala Adipura , tentu disebabkan adanya  tanggungjawab bersama antara masyarakat dengan pemerintah daerahnya dalam menata kebersihan lingkungan.

“Jadi, jika ingin memperoleh adipura, bukan hanya tugas pemerintah semata, namun juga masyarakat harus berperan aktif,” tegasnya.

Sebab itulah kata Umi, dirinya mengimbau masyarakat  untuk bisa bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Contoh sederhananya, yakni tidak membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya.

Pada satu sisi kata wanita pertama yang menjadi wakil walikota Palangka Raya ini, bahwasanya piala adipura akan diperoleh jika kesadaran masyarakat sudah terbentuk dengan baik.

Sejauh ini sebut dia, peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan masih sangat kurang. Sehingga diperlukan rasa tanggungjawab, serta membangun hati nurani agar memiliki kecintaan terhadap lingkungan yang sehat, bersih dan juga tertata.

Sedangkan pemerintah daerah tentu bertanggungjawab dalam hal melengkapi serta menjalankan fungsinya.

Semisalkan menata bangunan dan membersihkan saluran drainase yang tersumbat. Selain itu juga  menata infrsastruktur tempat pembuangan akhir sampah melalui pengelolaam  sedemikian rupa.

“Tata kelola kota yang bersih, sehat dan cantik, sudah tertuang dalam visi dan misi bersama Pemerintah Kota Palangka Raya saat ini,”kata Umi.

Terlebih tata kelola kota yang bersih, sehat dan cantik ini tambah dia, sudah dipetakan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Sehingga pelaksanaanya tetap berjalan, terlepas dari adanya rencana penilaian adipura.

“Semua itu sudah termuat dalam visi misi kita. Memperopeh adipura atau tidak, maka harus tetap menjadi semangat kita dalam menata kota ini menjadi lebih baik,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*