INFO
Kesbangpol : Dukung P4GN perlu Penataan Kawasan, Peningkatan dan Penguatan Ekonomi Lokal Masyarakat

Kesbangpol : Dukung P4GN perlu Penataan Kawasan, Peningkatan dan Penguatan Ekonomi Lokal Masyarakat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya menerima kunjungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan dalam rangka studi tiru produk hukum daerah, bertempat di Ruang Peteng Karuhei I Kantor Wali Kota Palangka Raya, Selasa (14/9/2021).

Adapun agenda masalah yang dibahas tentang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) dan rumah tangga kepala daerah.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya Januminro, Kabag Hukum Setda Kota Palangka Raya Kemilau Mutik, sedangkan perwakilan dari Pemkab Seruyan adalah Asisten Perekonomian Pembangunan Adhianoor beserta jajarannya.

Januminro dalam paparannya menyampaikan bahwa 78% penduduk Kota Palangka Raya berumur kurang dari 40 tahun, dan 35% di antaranya merupakan generasi milenial. Dimana usia ini merupakan usia rentan yang menjadi sasaran peredaran narkoba yang berimplikasi besar terhadap kesehatan dan kerugian pada sektor sosial dan perekonomian negara.

Dalam pemetaan kota tanggap ancaman narkoba yang dilaksanakan pada tahun 2019 oleh BNN RI bekerja sama dengan Pusat Studi Keamanan dan Politik Universitas Padjadjaran di 173 Kabupaten/kota di seluruh Indonesia, Kota Palangka Raya menempati urutan ke-85 dengan nilai 34,80 dengan predikat kurang tanggap.

Untuk mendukung P4GN Kota Palangka tersebut, ada beberapa langkah yang dilakukan Pemko Palangka Raya, antara lain :

1. Pembentukan Perda P4GN (sudah disyahkan Perda Kota Palangka Raya Nomor 19 tahun 2019)
2. Pembentukan tim P4GN melalui SK Walikota
3. Penyusunan rencana aksi P4GN
4. Dukungan penetapan/ pencanangan Kelurahan Bersinar.
5. Fasilitasi pembentukan Pokja Kelurahan Bersinar.
6. Menginstruksikan Camat dan Lurah menjadi garda depan fasilitasi P4GN dengan membentuk tim P4GN
7. Membuat edaran kepada semua Perangkat Daerah untuk mendukung P4GN
8. Menyediakan anggaran mendukung kegiatan P4GN

“Adapun masalah Kamtibmas akibat penyalahgunaan narkoba pada kawasan permukiman, tidak cukup dengan upaya penyadaran dan penindakan, namun perlu dukungan penataan kawasan, peningkatan ekonomi lokal dan penguatan kapasitas ketrampilan”, tambah Januminro.

Dalam hal ini Pemko Palangka Raya berkomitmen melaksanakan peraturan menteri dalam negeri Nomor 12 tahun 2019 tentang P4GN dan diperlukan komitmen dan sinergitas semua Pihak dalam rangka menjadikan Kota Palangka Raya bebas Narkoba. (MC Isen Mulang/bamw/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*