INFO
Kesehatan Petugas Pemilu Dijamin

Kesehatan Petugas Pemilu Dijamin

MEDIA CENTER,Palangka Raya – Lebih dari satu pekan proses pleno rekapitulasi suara pemilu 17 April lalu di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Palangka Raya hingga kini terus berlangsung.

Para petugas pemilu, seperti petugas dari KPPS, PPS maupun PPK atau petugas saksi dari partai, caleg, maupun capres peserta pemilu, dapat dipastikan banyak yang sudah kelelahan.

Dalam kondisi terburuk bisa jadi para pejuang demokrasi ini akan jatuh sakit, atau bahkan dalam kondisi terburuk bisa sampai tertimpa musibah meninggaldunia akibat kelelahan yang berlebihan, sebagaimana yang terjadi pada petugas pemilu di daerah lainnya.

“Kita bersyukur bahwa sejak pelaksanaan pemilu 17 April hingga saat ini, tidak ada anggota KPPS, PPS maupun PPK atau petugas saksi dari partai, caleg, maupun capres peserta pemilu, yang sampai jatuh sakit akibat kelelahan,”ungkap Ketua KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah, Kamis (25/4/2019).

Proses panjang pleno rekapitulasi suara pada tingkat PPK ini lanjut Ngismatul, diharapkan bisa dilalui dengan baik. Terlebih secara kontinyu paramedis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya maupun petugas kesehatan dari kepolisian daerah Kalteng terus melakukan check up kesehatan bagi para petugas yang melaksanakan atau mengikuti pleno rekapitulasi suara tersebut.

Baiknya lagi kata dia, terkait dengan panjangnya proses rekapitulasi suara ini, pemerintah secara terpusat terutama melalui Kemenkes RI telah menginstruksikan agar puskesmas maupun rumah sakit di daerah dapat memberikan bantuan layanan kesehatan kepada para petugas pemilu.

“Intinya kalau ada yang jatuh sakit teman-teman akan ditanggung serta dijamin kesehatannya. Namun kita berharap hal-hal yang lebih jauh atau fatal hendaknya jangan sampai terjadi. Maka itu teman-teman harus check up terus kesehatan ” ujarnya lagi,

Ditambahkan Ngismatul, hingga kini, untuk pleno hasil Pemilu 17 April lalu tingkat kecamatan masih berlangsung, namun sudah memasuki babak akhir penyelesaian pleno. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*