INFO
KIA Tidak Wajib Untuk Daftar Sekolah

KIA Tidak Wajib Untuk Daftar Sekolah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Saat ini beredar informasi melalui WhatsApp jika saat pendaftaran anak didik tahun ajaran 2018-2019 nanti wajib melampirkan kartu identitas anak (KIA).

Sebagian para orang tua di Palangka Raya gelisah dengan kabar ini. Salah satunya Waris, warga G Obos. Dia bertanya ke sana kemari untuk memperoleh informasi ini apakah benar atau tidak.

Sebab dia memiliki anak yang sebentar lagi masuk sekolah, sedangkan KIA belum diurus. Dia berharap KIA tidak menjadi syarat mutlak untuk masuk sekolah, karena masih ada dokumen kependudukan lainnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan menjelaskan jika kabar yang beredar melalui WhatsApp itu tidak benar alias hoax.

“Sampai saat ini dinas pendidikan belum mengeluarkan pengumuman mengenai syarat penerimaan siswa baru. Untuk masuk sekolah masih seperti dulu yakni cukup melampirkan akta kelahiran dan KK,” tutur Sahdin, Sabtu (17/11/2018).

Sahdin menjelaskan antara KIA dengan KK bedanya cuma bentuk fisik, sedangkan nomor induk kependudukan (NIK)-nya sama, sehingga cukup salah satu saja yang digunakan untuk mendaftar.

Artinya mendaftarkan anak masuk sekolah dengan KIA boleh dan cukup melampirkan KK juga dibolehkan, karena keduanya sama-sama dokumen kependudukan yang melampirkan NIK anak. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*