INFO
Klaster Perjalanan Luar Daerah, Dominasi Kasus Covid-19 di Palangka Raya

Klaster Perjalanan Luar Daerah, Dominasi Kasus Covid-19 di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dalam beberapa hari terakhir ini kasus konfirmasi positif covid-19 di Kota Palangka Raya kembali meningkat. Padahal, di awal pekan sebelumnya sempat mengalami penurunan.

Ketua Harian Tim Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani menyebut, sejak tanggal 17 sampai 22 Februari yang lalu, jumlah penambahan orang terkonfirmasi positif mencapai 113 kasus. Lalu pasien dalam perawatan sebanyak 58 orang, kasus sembuh sebanyak 53 orang dan meninggal dunia sebanyak 2 orang.

“Dari hasil tracing tim kami dilapangan, mayoritas kasus konfirmasi positif di Palangka Raya di awali dari mereka yang melakukan perjalanan keluar daerah yang masuk dalam zona merah,”ungkapnya, Selasa (23/2/2021).

Berawal dari klaster luar daerah tersebut lanjut Emi, lalu berkembang menjadi klaster keluarga dimana penularan dilakukan kepada sanak saudara dilingkungan rumah, bahkan kerabatnya dilingkungan kerja.

“Kondisi ini diperparah dengan banyaknya warga yang tak memakai masker saat beraktivitas. Begitupun pihak pelaku usaha yang tidak patuh menjalankan anjuran 5 M,”tukasnya.

Sementara saat ini kata Emi, pihaknya tengah menyusun kajian untuk penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro yang akan diterapkan pada kelurahan-kelurahan zona merah sebaran covid-19. Pada pembatasan ini partisipasi masyarakat akar rumput sangat diharapkan.

“Mulai dari lingkungan rumah tangga, RT/RW, kelurahan dan kecamatan, semuanya harus bertekad bahwa selama pandemi masih ada, maka protokol kesehatan tidak akan dikendurkan,”tegas Emi. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*