INFO
Kodim Palangka Raya Adakan Olimpiade Kepahlawanan Tingkat SMA

Kodim Palangka Raya Adakan Olimpiade Kepahlawanan Tingkat SMA

MEDIA CENTER, Palangka Raya –  Komando Distrik Militer (Kodim) 1016 Palangka Raya mengadakan olimpiade kepahlawanan tingkat SMA, SMK, dan MAN seluruh Kota Palangka Raya, Selasa (8/102/10).

Lomba yang diadakan di Hotel Fovere Palangka Raya digelar dalam bentuk cerdas cermat dengan materi jawaban paket, story telling, out bond, dan soal rebutan berkaitan dengan tonggak sejarah perjuangan bangsa.

Sedangkan materi soal story telling terkait sejarah perjuangan bangsa sebelum Kemerdekaan 1908 hingga Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus dan pasca kemerdekaan hingga kondisi yang dihadapi bangsa saat ini.

Kasdim 1016 Palangka Raya Mayor Inf Wiyanto mengatakan kegiatan ini merupakan wujud pelestarian nilai kepahlawanan keperintisan, kesetiakawanan, dan restorasi sosial, sehingga perlu dilaksanakan sesering mungkin.

Tujuannya untuk meningkatkan jiwa kejuangan dan cinta tanah air kepada para siswa, mahasiswa maupun pemuda untuk menanamkan jiwa patriotisme dan nasionalisme, sehingga mereka mengerti cara menghargai pejuang dan pahlawan bangsa dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI.

“Sehingga nilai-nilai kepahlawanan yang telah dilalui pada masa lampau tetap dikenang dan digunakan sebagai penyemangat dalam mengisi kemerdekaan saat ini dan yang akan datang,” katanya.

Dia berharap olimpiade ini tidak hanya sebatas ajang perlombaan saja, tapi juga menambah pengetahuan dalam membentuk karakter dari suatu bangsa menjadi nilai-nilai mulia, sehingga tertanam sifat rela berkorban, pantang menyerah, bekerja keras, suka menolong, dan lainnya agar selalu ditumbuhkembangkan di kalangan generasi muda sedini mungkin. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*