INFO

Kominfo Palangka Raya Ikut Mengenal Lebih Dekat Foto Jurnalistik

MEDIA CENTER, Surakarta – Sebuah foto dalam dunia jurnalistik berperan penting dalam mengungkap kebenaran sebuah peristiwa, foto dapat memberikan pesan faktual kepada masyarakat, masyarakat lebih mudah memahami pesan yang disampaikan melalui foto karena proses penyampaian pesan dilakukan secara visual atau melalui gambar.

Direktorat Pengelolaan Media,
Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, mengadakan Bimbingan teknis bagi pengelola media center daerah, di The Royal Heritage Hotel Surakarta, Jawa Tengah yang berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 24 April sampai 26 April 2019.

Siti Meiningsih selaku Direktur Pengelolaan Media Kementerian Kominfo menyampaikan saat pembukaan Bimtek yang bertajuk mengenal lebih dekat foto jurnalistik yang diikuti oleh 68 pengelola media center seluruh Indonesia.

Lanjutnya, komunikasi dan informasi dalam era digital memunculkan konsep baru dalam pengelolaan komunikasi publik dan kehumasan lebih dinamis dan interaktif, dengan sentuhan jari masyarakat mampu mencari dan menemukan apa yang mereka inginkan dan butuhkan, dengan sentuhan jari pun pengelola informasi, komunikasi publik dan humas pemerintah dalam menjalankan tugas penyebaran informasi.

Lanjutnya, Kominfo mengupayakan gerakan nasional literasi digital siberkreasi dan mesin pengais konten negatif (AIS) sebagai bagian dari pemberantasan hoaks yang diharapkan melalui pelatihan bimbingan teknis foto jurnalistik ini bagi pengelola media center daerah dapat memahami pembuatan konten foto yang sesuai dengan kaidah jurnalistik yang menjadi penyeimbang dari berita foto hoaks yang beredar di masyarakat dan menjadi garda terdepan dalam memerangi hoaks, tutupnya. (MC Isen Mulang/Iin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*