INFO

Komisi IX DPR RI Dukung Pengembangan dan Pemanfaatan Obat dari Tumbuhan Hutan Kalteng

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tim Komisi IX DPR RI beserta Staf Ahli Menteri Kesehatan selaku Tim Pendamping melakukan Kunjungan Kerja ke Pemerintah Provinsi Kalteng secara spesifik Balai Besar POM Palangka Raya, di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (13/2/2020).

Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan pengawasan atas fungsi penindakan, intelijen, dan penyidikan dalam hal pengawasan obat dan makanan yang menitikberatkan pada pemanfaatan dan pengawasan obat asli Indonesia di Provinsi Kalteng.

Gubernur melalui Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri menyampaikan“ hutan di Kalteng memiliki kekayaan biodiversitas yang tinggi termasuk di dalamnya tumbuhan hutan yang berkhasiat sebagai obat dan digunakan sebagai bahan baku dalam industri obat saat ini.”

Pada tahun 2019 yang lalu pelajar dari SMAN 2 Palangka Raya, telah melakukan penelitian dan mendapat penghargaan atas hasil penelitiannya tentang tanaman bajakah tunggal dapat digunakan sebagai obat kanker. Tentu saja masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut,” ungkap Fahrizal.

Ketua Tim Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene juga mengungkapkan pihaknya menyambut baik didirikannya pusat pengolahan dan pusat studi obat tradisional tropis.

“Kami mendukung untuk pengembangan dan pemanfaatan obat asli Indonesia, secara khusus obat dari tumbuhan hutan Kalimantan Tengah” tuturnya. (MC. Isen Mulang/Bambang/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*