INFO
Komitmen Kalteng Bebas Kabut Asap 2019

Komitmen Kalteng Bebas Kabut Asap 2019

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan asap karena memiliki kekhasan dari wilayah Kalteng yang memiliki karakteristik pembentuk tanah yang bergambut. Sehingga diperlukan kegiatan Pembekalan Kesiapsiagaan Menghadapi Karhutla, di Aquarius Boutique Hotel Jalan Imam Bonjol no.5  Palangka Raya, Kamis (11/7/2019).

Gubernur Kalteng dalam sambutannya yang diwakili Asisten III bidang Perekonomian dan Pembangunan Nurul Edy menyampaikan, “Kita tidak ingin karhutla yang berakibat asap yang melanda di beberapa wilayah menjadi agenda rutin, yang selalu dimaklumi di Bumi Tambun Bungai ini”.

Potensi polusi asap selalu menjadi sorotan atau perhatian nasional bahkan internasional karena belum maksimalnya sinergitas 3 pilar Penyelenggara Penanggulangan Bencana, yaitu Pemerintah, Masyarakat dan Dunia usaha mulai dari Pra bencana, saat terjadi bencana, hingga pasca bencana.

Untuk lebih meningkatkan pengendalian bencana melalui kegiatan pencegahan Karhutla diantaranya, pendekatan sosial budaya, himbauan di surat kabar, poster dan spanduk, maklumat larangan tidak membakar hutan dan lahan kepada  masyarakat  dan perusahaan, identifikasi ancaman dan kerentanan untuk menilai resiko bencana, rapat koordinasi seluruh elemen, inventarisasi dan identifikasi sumber daya tersedia yang dapat dimanfaat saat keadaan darurat, menciptakan sistem informasi yang mudah diakses dan dimengerti, serta pelatihan aparat pemerintah dan masyarakat.

Diakhir sambutan menyampaikan, “Kegiatan hari ini merupakan bantuan dan dukungan Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai agenda penting untuk meningkatkan kemampuan identifikasi, penyiapan dan pengeloaan sumberdaya, sekaligus koordinasi semua pemangku kepentingan terkait”. (MC. Isen Mulang/bamw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*