INFO
Komitmen Lestarikan Adat dan Budaya

Komitmen Lestarikan Adat dan Budaya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Seni budaya, adat istiadat serta kearifan lokal di Kalteng pada umumnya dan Palangka Raya pada khususnya sangat tinggi. Sedari itulah setiap generasi penerus harus mampu menjaga pelestariannya.

“Kita harus berkomitmen dalam menjaga harkat dan martabat kebudayaan asli daerah. Apalagi tradisi itu berasal dari nenek moyang suku Dayak,”ungkap Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, Senin (1/3/2021).

Menurutnya pelestarian tradisi leluhur agar tidak hilang ditelan oleh jaman, bukan hanya menjadi tugas dan tanggungjawab pemerintah, namun semua elemen masyarakat.

“Terlebih generasi muda, harus mengambil peran dalam melestarikan seni budaya dan kearifan lokal, demi menjaga harkat dan martabat daerah,”ucapnya.

Tidak bisa dipungkiri sambung dia, seni budaya, adat istiadat serta kearifan lokal masyarakat Dayak sangat kaya ragamnya, sehingga harus dijaga secara turun temurun.

“Saat musrenbang yang lalu saya berkesempatan melakukan tradisi menyumpit. Nah, ini bagian dari cara mengenalkan dan melestarikaan seni budaya,”ujarnya.

“Ingat, budaya leluhur merupakan jati diri. Untuk melestarikannya tidaklah sulit, asalkan ada komitmen di dalamnya,”tambah Fairid. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*