INFO
Komunitas Literasi Ajari Siswa MTsN 1 Palangka Raya Belajar Seni Teater

Komunitas Literasi Ajari Siswa MTsN 1 Palangka Raya Belajar Seni Teater

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komunitas literasi melakukan kegiatan mahaga basa ke-20. Kali ini Payung Literasi menyambangi MTsN 1 Palangka Raya, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Komunitas literasi yang eksis sejak 2017 ini memberikan workshop teater kepada belasan siswa yang didampingi beberapa guru. Di aula sekolah kegiatan itu berlangsung mulai pukul 12.30 hingga pukul 16.00.

M. Saifullah, pegiat teater, anggota Payung Literasi membimbing para siswa untuk mengenal seni pertunjukan teater. Mereka diajaknya untuk mengikuti latihan dasar berteater.

Dalam lingkaran di tengah aula, mereka dengan riang dan ringan bergerak mengikuti panduan untuk berolah gerak. Berteriak dengan ragam ekspresi, berimajinasi, dan berkolaborasi dalam kelompok.

Anak-anak belajar berimajinasi menghadirkan suasana dan rasa serta dinamika. Maka jadilah sosok-sosok di luar dirinya. Olah rasa dihadirkan. Mereka mengalirkan rasa itu melalui latihan mengekspresikannya.

Mencoba menghadirkan cerita pun dilakukan melalui diskusi pendek dalam kelompok. Mereka merumuskan cerita yang akan ditampilkan. Berbagi peran, merencanakan dialog, gerak, pun dilakukan. Harus tampil adalah kemauan yang harus dibangkitkan karena belajar teater harus berani tampil mempertunjukkan.

“Belajar teater itu mengolah rasa, gerak, imajinasi, vokal, dan  bahasa. Ini akan melatih kepekaan indera. Rasa kita akan lebih peka dan cepat tanggap serta dapat mengekspreksikannya. Gerak kita akan menjadi lebih luwes dan leluasa. Imajinasi akan menguatkan daya bayang terhadap sesuatu yang ada di dalam maupun di luar diri. Olah vokal mengasah ketajaman artikulasi, dinamika, tempo, dan kekuatan suara. Olah bahasa akan menuntun kita mengelola bahasa untuk menuturkan cerita, menunjukkan karakter, dan kejelasan tokoh, “ tutur Saifullah yang akrab dipanggil Cak Ipul didampingi rekannya Ray Ariono.

Cak Ipul yang juga guru SMA Muhammadiyah ini menuturkan bahwa belajar teater sangat bermanfaat dan membangun karakter bagi anak-anak sekolah atau generasi muda. Menurutnya ekskul teater akan membangun kepercayaan diri, mengembangkan kemampuan berbahasa, dan juga menguatkan kerja sama.

“Anak-anak yang belajar teater akan menjadi sosok yang kreatif dan penuh inisiatif. Mereka akan peka terhadap situasi sekitar. Ada keberanian mengeskpresikan diri dengan bahasa yang jelas dan memikat. Kemauan untuk tampil dan bekerja sama juga kuat. Oleh karena itu belajar teater di sekolah atau bergabung di komunitas teater merupakan pilihan yang bisa ditentukan,” katanya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*