INFO
Konsep Pengembangan Sistem Angkutan Umum  Modern Terintegrasi Di Kota Palangka Raya

Konsep Pengembangan Sistem Angkutan Umum  Modern Terintegrasi Di Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER,  Palangka Raya – Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)  Universitas  Palangka Raya melaksanakan seminar awal kajian perencanaan sistem transportasi umum terintegrasi  di Kota Palangka Raya,  Rabu (11/9 /2019), di Ruang Rapat  Peteng Karuhei I Kantor Walikota Palangka Raya.

Kegiatan seminar awal di buka oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Palangka Raya, Kandarani yang didampingi oleh Kaban Litbang Kota Palangka Raya, Barit Rayanto dan dihadiri oleh SOPD lingkup Pemko Palangka Raya.

Ketua tim peneliti dari LPPM Universitas   Palangka Raya,  Sutan Silitonga memaparkan kajian ini  fokus  pada pengembangan sistem angkutan umum modern yang terintegrasi jaringan terkait dengan Sapras.

Metodologi  yang digunakan adalah survei,  melakukan wawancara dengan pihak-pihak terkait yaitu kecamatan,  Dinas Perhubungan,  Dinas PUPR  dan institusi terkait, untuk mengidentifikasi area penting dimana di Kota Palangka Raya butuh akses transportasi yang baik.

Lebih lanjut Sutan menyampaikan ada tiga konsep metode analisis data, yakni ; pertama analisis integrasi sistem angkutan daerah dengan kelayakan pengembangan wilayah, kedua analisis integrasi sarana dan prasarana transportasi dalam usulan skenario pengembangan sistem transportasi umum di Kota Palangka Raya, ketiga analisis pemilhan skenario pengembangan sistem transportasi  terbaik yang  mungkin diterapkan di wilayah Kota Palangka Raya.

Intinya seminar awal kajian ini untuk menggali saran dan masukan dari SOPD terkait sebagai bahan untuk penajaman kajian pada tahap selanjutnya,  ungkap Sutan. ( MC. Isen Mulang/ tina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*