INFO
Konsumsi Beras  di Kota Palangka Raya Capai 552.960 Kg/tahun

Konsumsi Beras  di Kota Palangka Raya Capai 552.960 Kg/tahun

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Rata-rata konsumsi  penduduk akan pangan beras  di Kota Palangka Raya sebesar 552.960 kg/kapita/tahun  dibandingkan dengan standar konsumsi beras sebesar 109,5 kg/kapita/tahun.
Dengan begitu konsumsi beras di Kota Palangka Raya masih tergolong tinggi.

Ungkapan tersebut disampaikan Walikota Palangka Raya Fairid Naparin saat membuka secara resmi Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kota Palangka Raya Tahun 2019, di Pendopo Rujab Walikota Palangka Raya, Selasa (23/7/2019).

Menurutnya, untuk megurangi konsumsi beras maka perlu dilakukan upaya pengembangan sumber daya pangan lokal. Seperti pengembangan pangan, Ubi Kayu, Ubi Jalar, Pisang, Talas, sukun dan lain-lain.

“Potensi pangan ini sejatinya ada disekitar kita. Namun dalam pengembangannya selalu dipandang sebelah mata. Karena  banyak yang  menganggap pangan tersebut hanya sebatas pangan inferior,”ucapnya.

Sebab itulah lanjut Fairid, harus perlu upaya memberdayakan dan mengembangkan potensi-potensi pangan yang ada.Baik dari sisi hulu dan hilir atau sisi hilir ke hulu, mampu meningkatkan pengembangan berbagai jenis pangan.

“Terlebih kandungan gizi  dari komoditas pangan itu sama tingginya dengan  pangan jenis padi. Karenanya pola konsumsi pangan merupakan perilaku penting dalam mempengaruhi gizi seseorang,paparnya.

Sementara itu terkait dengan festival pangan beragam, bergizi seimbang dan aman tingkat Kota Palangka Raya kata Fairid, adalah merupakan salah satu cara mempercepat pemahaman masyarakat tentang memanfaatkan potensi pangan lokal menjadi pangan yang sehat.

“Beragam potensi pangan sejatinya dapat bernilai komersil, unik, menarik dan tak kalah dengan makanan instan atau makanan siap saji. Bagaimana cara kita mengembangkan dan memasarkan,” cetusnya.

Namun lanjut Fairid, untuk bisa mengembangkan dan memasarkan potensi pangan, maka tidak hanya tergantung pada satu jenis bahan pangan saja melainkan bisa memanfaatkan potensi pangan lainnya.

Adapun festival pangan lokal beragam, bergizi seimbang dan aman tingkat Kota Palangka Raya itu sendiri digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya. Festival tersebut diikuti perwakilan Tim Penggerak PKK se kecamatan Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*