INFO

Kontingen Palangka Raya Juara III Festival Budaya Isen Mulang Tingkat Provinsi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Prestasi yang membanggakan ditorehkan kontingen Kota Palangka Raya di Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang digelar di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur 19-22 Mei 2017.

Kontingen Kota Palangka Raya akhirnya bisa menyabet juara tiga dengan meraih 12 medali dari 13 cabang lomba yang diikuti. Dalam lomba memperingati HUT Kalteng ke-60 ini keluar juara umum adalah kontingen Kabupaten Murung Raya.

Sedangkan tuan rumah Kabupaten Kotawaringin Timur harus puas diurutan nomor dua. Dari 19 cabang lomba yang diperlombakan, kontingen Palangka Raya hanya mengikuti 13 cabang lomba. Yakni karnaval, jukung hias, lawang sakepeng, karungut, tari daerah, lomba dayung tradisional, sepak sawut.

Selanjutnya cabang malamang, mangaruhi, habayang (bagasing), fotografi, manyipet, dan pemilihan putra putri pariwisata. Sedangkan enam cabang lomba yang tidak diikuti adalah besei kambe, mangenta, balogo, vokal lagu daerah, masak makanan tradisional (panginan simpan), dan maneweng manetek manyila kayu.

Adapun medali yang diperoleh kontingen Kota Palangka Raya dari cabang menyipet putra dapat juara I dan manyipet putri dapat juara harapan III. Dicabang manyipet ini atlet putra, Bambang dinobatkan sebagai terbaik putra.

Sementara itu dicabang dayung putra kontingen Palangka Raya dapat juara II, cabang lawang sakepeng putra-putri juara I, cabang malamang juara II, jukung hias juara II, mangaruhi putra juara harapan IV dan harapan V untuk mangaruhi putri.

Dicabang tari, kontingen Palangka Raya lagi-lagi menyumbangkan juara II dari kategori tari pesisir. Selanjutnya dari cabang habayang atau bagasing putri juara harapan I dan terakhir dapat dua kejuaraan diraih dari pemilihan putra-putri pariwisata, putri peraih wakil I dan putra wakil III.

Festiva Budaya Isen Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah baru ditutup tadi malam 23 Mei 2017, dan FBIM tahun 2018 direncanakan dilaksanakan di Kabupaten Kapuas. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*