INFO
Kota Layak Anak Bisa Terwujud Asal Didukung Banyak Pihak

Kota Layak Anak Bisa Terwujud Asal Didukung Banyak Pihak

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Palangka Raya, Tiur Simatupang, mengharapkan adanya kerja sama sejumlah instansi/dinas terkait guna mewujudkan Kota Palangka Raya sebagai kota layak anak.

“Kepedulian dari sejumlah pihak sangat diharapkan, sehingga program kota layak anak ini dapat terealisasi sesuai target 2019 mendatang,” ucapnya, Rabu (31/10/2018).

Sebut Tiur, instansi seperti Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Kanwil Kemenkumhan, harus bisa diajak berjalan bersama dengan bidang dan tupoksi masing-masing, guna mewujudkan kota layak anak ini.

“DP2KBP3A sebagai fasilitator hanya mengingatkan agar semuanya sama-sama bergerak sesuai tugas masing-masing, bagaimana membantu mewujudkan kota layak anak ini,”tambahnya.

Tiur pun tak memungkiri, bahwa masih ada saja kendala untuk mewujudkan kota layak anak ini. Sebut saja tidak adanya dokumentasi kegiatan yang telah dikerjakan atau dilaksanakan tiap instansi selama ini.

“Kalau ada hunbungannya dengan kegiatan anak, maka hendaknya  perlu didokumentasikan oleh setiap dinas, karena penilaian dari pusat salah satunya adalah dokumentasi kegiatan yang sudah dilakukan,”bebernya.

Tiur mencontohkan salah satu dinas seperti Disperkim, dimana instansi ini bisa menjadi salah satu penunjang dari terwujudnya kota layak anak. Pasalnya selama ini Disperkim banyak membangun sarana dan prasarana penunjang, seperti taman-taman bermain bagi anak.

“Yang dikerjakan Disperkim seperti taman bermain anak dapat menjadi penilaian pusat. Intinya ada penilaian serta indikator yang ditentukan. Maka itu dukungan setiap instansi terkait diperlukan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*