INFO
Kota Palangka Raya Bentuk Kelompok Informasi Masyarakat

Kota Palangka Raya Bentuk Kelompok Informasi Masyarakat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Warga kota Palangka Raya khususnya di Kelurahan masih dihadapkan pada permasalahan dasar untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya. Untuk dasar itu masyarakat kota Palangka Raya perlu ditingkatkan kemampuannya sehingga berdaya dan dapat hidup layak serta mampu mengatasi permasalahan di masa yang akan datang.

Upaya pemberdayaan antara lain dilakukan dengan mendorong kelompok- kelompok masyarakat untuk mendayagunaan informasi agar memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat. Dalam konsep ini, bagaimana pemberdayaan terjadi melalui proses peningkatan kesadaran akan pentingnya informasi, peningkatan akses dan pedayagunaan informasi tersebut melalui kelompok.

Kepala Seksi Kemitraan Informasi dan Komunikasi Publik Pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka, Iin Carolina saat ditemui  kru media center melakukan sosialisasi di misik kameloh  Kelurahan Kalampangan, Selasa (19/3/2019), mengatakan bahwa Kota Palangka Raya akan bentuk kelompok informasi masyarakat (KIM), KIM itu sendiri adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat dan berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat dengan penyebarluasan informasi, ungkapnya.

Menurutnya, antusias masyarakat terhadap kehadiran KIM  terutama dari aparat Kelurahan yang membutuhkan wahana penyaluran dan pendayagunaan informasi oleh masyarakat.

Iin menambahkan, teknologi informasi dan komunikasi ini diharapkan bisa menjadikan warga dapat menerima dan memberikan informasi secara luas.

“Pelatihan pembuatan website, blog dan penggunaan media sosial selama ini belum pernah diberikan kepada kelompok informasi masyarakat. Selain itu, akan diberikan pengetahuan tentang penggunaan internet yang baik dan tidak baik, terutama untuk anak-anak,” pungkasnya. (MC Isen Mulang/Dina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*