INFO

Kota Palangka Raya Harus Puas Menduduki Juara 3 Lomba Malamang

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kota Palangka Raya harus puas menduduki juara 3 lomba Malamang di Festival Budaya Isen  Mulang (FBIM) Tahun 2018 yang diselenggarakan di Kabupaten Kuala Kapuas, Jumat (04/05/2018).

Juara 1 diraih tim Kabupaten Lamandau, diikuti oleh Kabupaten Kotawaringin Timur juara 2 dan selanjutnya Kota Palangka Raya juara 3.

Malamang (membuat lemang) ini berupa makanan khas Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berbahan dasar beras ketan dan santan kelapa segar yang dimasak menggunakan media bambu dan dibakar diatas bara api. 

Maksud dan tujuan Lomba Malamang ini yakni menggali potensi dan kreatifitas peserta sekaligus memasyarakatkan dan mempromosikan masakan lamang sebagai kudapan tradisional khas Kalimantan Tengah menjadi makanan unggulan di tingkat nasional dan internasional.

Kegiatan ini berawal dari nenek moyang kita zaman dahulu kala yang bersifat turun temurun yaitu suatu kegiatan kaum petani bersyukur atas keberhasilan panen yang telah selesai.

Yemina Yulita, Koordinator Lomba Malamang mengatakan, bahwa Lomba Malamang ini mengambil tema yakni keberagaman aneka bentuk lamang tradisional khas Kalteng sebagai salah satu potensi wisata.

Lebih lanjut untuk kriteria penilaian lomba ini meliputi kostum tim, kerjasama dalam tim , proses pembuatan lamang, penyajian kombinasi warna dan cita rasa lamang serta bahan garnis.

Malamang juga bisa disajikan dengan bahan yang familiar dilidah semua orang seperti vla atau mayoneise sehingga dapat dinikmati semua orang.

Inovasi inilah yang akan membuat Lamang ini dapat memperkaya kekayaan kuliner khususnya Kalteng bahkan menjadi daya tarik dan promosi wisata kuliner kita kedepannya , ungkapnya (MC. Isen Mulang/engga).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*