INFO
KPU Gelar Bimtek Pemungutan Suara Bagi KPPS

KPU Gelar Bimtek Pemungutan Suara Bagi KPPS

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Mendekati hari pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)  kecamatan di Kota Palangka Raya.

“Bimtek ini ditargetkan selama 9 hari diseluruh kecamatan se Kota Palangka Raya. Sehari sebelumnya telah dilaksanakan bimtek bagi KPPS kelurahan di Kecamatan Pahandut, untuk hari ini kami melaksanakan bimtek KPPS khusus kelurahan yang ada di Kecamatan Jekan Raya,” ungkap Ketua KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah usai memberikan bimtek bagi KPPS se Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya, Rabu (3/4/2019).

Dijelaskan Ngismatul, untuk mengejar target pelaksanaan bimtek tersebut, setiap komisioner KPU kota telah berkeliling disetiap kecamatan bersama dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) kelurahan maupun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), guna memberikan teknis maupun simulasi pencoblosan dan penghitungan suara.

“Bimtek disetiap kelurahan akan dibagi dalam beberapa kelompok, setiap KPPS diwakili empat orang dari tujuh orang anggota KPPS,” jelasnya.

Menurut Ngismatul, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada setiap kelurahan di Kota Palangka Raya akan berbeda. Seperti Kelurahan Pahandut Kecamatan Pahandut dan Kelurahan menteng Kecamatan Jekan Raya memiliki banyak TPS.

“Nah, bagi kelurahan yang banyak TPS akan memakan waktu dua sampai tiga hari bimtek diberikan pada setiap KPPS,” ujarnya.

Perlunya bimtek ini lanjut Ngismatul, tidak lain mengingat penyelenggaraan pemilu tahun 2019, ada perbedaan dengan regulasi pemilu sebelumnya. Terutama  terkait proses pemungutan dan penghitungan suara, serta banyaknya formulir yang harus diisi, sehingga menuntut anggota KPPS untuk dapat melaksanakan dengan baik.

“Intinya bimtek ini mendorong agar setiap KPPS paham betul, disamping mampu dalam mempersiapkan TPS, disisi lain juga mengerti dalam praktek pelaksanaan terutama pada saat perhitungan suara dan membuat berita acara. Contohnya paham dalam  pengisian form C-1 yang merupakan rekapitulasi hasil dari penghitungan suara,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*