INFO

KPU Kota Palangka Raya Lakukan Rapid Test di Kecamatan Bukit Batu

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya melakukan rapid test covid-19 bagi para penyelenggara pada pemilihan gubenur dan wakil gubernur provinsi Kalimantan Tengah tahun 2020 di beberapa kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya.

Tindakan ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua penyelenggara pemilu pada pilgub Kalteng mendatang tidak ada yang terinfeksi virus covid-19, ujar Nurul Mahmudah Kasubag Program dan Data KPU Kota Palangka Raya.

Seperti halnya rapid test yang dilakukan di aula Kecamatan Bukit Batu Rabu (8/7/2020) kemarin, tidak hanya anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) beserta anggota, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan para Calon Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) juga dilakukan rapid test.

Pelaksanaan rapid test tersebut bekerjasama dengan Rumah Sakit Bhayangkara yang dilakukan tiga hari yang dilaksanakan pada selasa sampai dengan kamis tanggal 7 – 9 Juli 2020.

Nurul mengatakan bahwa Sekretariat PPK, anggota PPS dan calon anggota anggota PPDP yang dirapid test tidak dipungut biaya, semua biaya yang dikenakan ditanggung langsung oleh KPU RI sesuai dengan kontrak kerja.

“Semua biaya pelaksanaan rapid test ditanggung langsung oleh KPU RI,” ujar Nurul

Dijelaskan Nurul, pelaksanaan rapid test di Kecamatan Bukit Batu diikuti sebanyak 82 petugas dari PPK, PPS dan calon PPDP, jelasnya

Menurutnya, jika ditemukan ada yang reaktif bagi Badan Ad-hoc (PPK, PPS, KPPS) maka akan dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing. Sedangkan untuk petugas PPDP, jika ditemukan ada yang reaktif rapid test maka akan dilakukan pergantian, karena masa kerjanya hanya satu bulan dimulai tanggal 15 Juli 2020.

“Kita harap penyelenggara pilgub Kalteng yang diselenggarakan pada 09 Desember 2020 mendatang bebas dari penularan virus corona, sehingga pelaksanaan semua tahapan pilgub berjalan dengan lancar dan kedepannya penyelenggara pemilu akan tetap melaksanakan protokol kesehatan covid-19,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang/Juliadie/dk).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*