INFO
Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

MEDIA CENTER,Palangka Raya-Wakil Ketua II Komisi C DPRD Palangka Raya, Shopie Ariany, mengajak masyarakat Kota Cantik Palangka Raya untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

“Daerah lain banyak yang sudah menerapkan. Nah, kita di Kota Palangka Raya juga bisa meskipun secara perlahan-lahan,”ungkapnya, Rabu (22/1/2020).

Harus diakui kata dia, untuk melakukan perubahan tersebut, memang memerlukan waktu. Sebut saja bagaimana masyarakat untuk beradaptasi atau bisa membiasakan diri agar tidak menggunakan kantong plastik satu kali pakai tersebut.

Namun bila hal tersebut bisa dilakukan dan sudah terbiasa, maka setidaknya masyarakat telah berkontribusi besar dalam mengurangi pencemaran sampah pada lingkungan masing-masing.

“Banyak alternatif lain yang lebih ramah lingkungan selain menggunakan plastik sekali pakai. Bisa dengan tas lipat, atau keranjang belanjaan, atau bisa menggunakan tumbler dan jenis lainnya,”sebutnya lagi.

Selama ini menurut Shopie, penggunaan kantong plastik sekali pakai sangat berdampak pada pencemaran lingkungan. Terlebih sampah berbahan plastik ketika menjadi sampah yang mengendap sangat lama akan sulit terurai secara alami.

Berdasarkan riset kata dia, ketika plastik dibakar, namun apabila pembakaran tidak dilakukan dengan sempurna maka plastik yang dibakar tersebut akan menjadi dioksin ke udara.

“Jika manusia tidak sengaja menghirup dioksin tersebut maka akan rentan terkena penyakit, diantaranya kanker, gannguan pada sistem syaraf, hepatitis, pembengkakan hati dan mengalami gejala depresi,”sebutnya.

Selebihnya wakil rakyat dari Partai Perindo ini berharap, agar masyarakat Kota Palangka Raya dapat membiasakan untuk mengurangi bahkan tidak lagi menggunakan kantong plastik sekali pakai, sebagai wujud pro aktif menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan.

“Jadikan Kota Palangka Raya yang bersih, asri, nyaman, dan indah. Untuk mewujudkan hal ini, perlu peran masyarakat untuk mendukung,”ucap politikus berwajah ayu ini. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*