INFO

Lagi-Lagi, Warga Pulang Pisau Serahkan Bayi Orangutan ke BKSDA Kalteng

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Lagi-lagi petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Tengah bersama yayasan BOS Nyaru Menteng Palangka Raya menerima penyerahan bayi orangutan dari seorang warga.

Bayi orangutan berusia sekitar tiga tahun ini diserahkan oleh Ido Dasit, mantan Kepala Desa Lawang Uru, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau.

Butuh waktu sekitar dua jam perjalanan jalan darat dari Kota Palangka Raya untuk menjemput bayi orangutan ke Desa Lawang Uru, Selasa (24/10/2017).

Humas BOS Nyaru Menteng Palangka Raya, Monterado Fridman mengatakan bayi orangutan berjenis kelamin jantan ini ditemukan oleh Ido Dasit di hutan Desa Lawang Uru saat kebakaran hutan 2015.

Saat ditemukan, usia bayi orangutan kurang dari setahun. Saat itu dia ditemukan warga tanpa induk. Kemudian bayi orangutan ini oleh Ido Dasit dibawa pulang ke rumahnya untuk dipelihara.

Kemudian pada 20 Oktober 2017 ada warga yang melaporkan ke BKSD Kalteng. Monterado menjekaskan selama dipelihara bayi orangutan ini diberi makan nasi dicampur kecap dan air gula serta susu.

“Seharusnya bayi orangutan ini diberikan makan buah-buahan, bukan makanan manusia,” tulis Monterado dalam pesan WathsApp. Dia menambahkan selama dipelihara oleh Ido Dasit, bayi orangutan ini pernah sakit batuk, filek, dan mencret.

“Setiap hari bermain dengan anak warga yang memelihara dan dikhawatirkan ada penularan penyakit. Jadi selama sakit diberi obat paracetamol,” tuturnya.

Monterado mengungkapkan orangutan dari Desa Lawang Uru ini adalah bayi yang ke-6 masuk pusat rehabilitasi BOS Nyaru Menteng Palangka Raya dari Kabupaten Pulang Pisau. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*