INFO

Launching si Romi Sahabat UMKM Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – UMKM adalah usaha kerakyatan yang saat ini mendapat perhatian dan keistimewaan yang diamanatkan oleh Undang-undang, antara lain bantuan kredit usaha dengan bunga rendah, kemudahan persyaratan izin usaha, bantuan pengembangan usaha dari lembaga pemerintah, serta beberapa kemudahan lainnya. 

Bidang-bidang UMKM beragam mulai dari fashion, kuliner, kerajinan hingga pertanian dan UMKM juga menerapkan asas kebersamaan, ekonomi yang demokratis, kemandirian, keseimbangan kemajuan, berkelanjutan, efisiensi keadilan, serta kesatuan ekonomi nasional.

Berdasarkan hal tersebut, Ivoni Kepala Bidang Pengembangan Usaha Mikro membuat suatu Inovasi dalam rangka Proyek Perubahan Diklat Pim III Tahun 2018 dengan judul si Romi (Aplikasi Lokasi Informasi dan Promosi) Sahabat UMKM Kota Palangka Raya yang memfasilitasi para UMKM yang ada di Kota Palangka Raya untuk memasarkan produknya secara online.

Sistem aplikasi informasi akan diambil berdasarkan titik koordinat/titik letak tempat usaha yang nantinya dimasukkan dalam google maps sehingga memudahkan mencari tempat produk-produk UMKM.

Hal ini diangkat dikarenakan belum ada tempat/wadah untuk mempromosikan produk usaha kecil mikro yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Palangka Raya dengan membuka kran untuk media promosi sehingga produk boleh dikenal, baik di dalam daerah, luar daerah bahkan dikenal dalam skala nasional dan internasional.

Ivoni mengatakan, Rabu (17/10-2018) di halaman Balai Kota tempat lokasi Bazar hasil karya UMKM, bahwa Si Romi Sahabat UMKM Kota Palangka Raya bekerja sama dengan PT. Telkomsel dan Kalteng Pos, membantu memfasilitasi untuk lokasi tempat usaha pelaku usaha dan membantu promosi produk-produk unggulan dari Kota Palangka Raya seperti Kerajinan, Kuliner, yang menjadi ciri khas Kalimantan Tengah. (MC. Isen Mulang/Iin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*