INFO
Legislator RI Dukung Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

Legislator RI Dukung Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komisi 10 DPR RI sangat mendukung safari gerakan nasional gemar membaca yang di selenggarakan oleh Perpustakaan Nasional dan bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Palangka Raya, Senin (11/03/2019) di Rujab Walikota Jl. Diponegoro Palangka Raya.

Kegiatan dengan tema ” Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat ” ini sangat diapresiasi oleh Komisi 10 DPR RI diwakili oleh Asdy Narang, sekaligus sebagai salah satu narasumber pelaksanaan kegiatan safari gerakan nasional gemar membaca.

Disampaikan Asdy, bahwa dengan adaya UU no 43 tahun 2007 tentang perpustakaan dan UU no 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, tentunya sudah ada aturan yang sangat jelas untuk mengatur tugas dan kewenangan masing-masing baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan manusia yang cerdas melalui budaya membaca.

Arah kebijakan nasional juga menyebutkan bahwa perpustakaan harus memfasilitasi keterlibatan masyarakat dan mengembangkan potensi serta kapasitasnya untuk kesejahteraan.

Berawal dari kebudayaan gemar membaca akan meningkatkan kualitas intelektual sumber daya manusia dalam menghadapi segala permasalahan dan tantangan yang harus dihadapi khususnya bagi generasi muda penerus bangsa yang saat ini sangat dikenal dengan generasi milenial harus mampu bersaing di era digitalisasi seperti saat ini.

Disampaikan juga bahwa Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota perlu adanya grand design untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat agar akses informasi bisa berdampak langsung sampai pada masyarakat tingkat bawah, tutupnya. (MC. Isen Mulang/Win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*