TERKINI
Lestarikan Kearifan Lokal Dengan Menciptakan Produk Yang Bersaing

Lestarikan Kearifan Lokal Dengan Menciptakan Produk Yang Bersaing

MEDIA CENTER, Palangka Raya–Plt Dinas Perdagangan, Koperasi UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya Amandus Frenaldy mewakili Walikota Palangka Raya menutup acara pelatihan berbahan dasar Getah Nyatu dalam rangka pengendalian inflasi tahun 2022 di Aula Putera Kahayan Jalan Temanggung Tilung I Kota Palangka Raya, Jumat (25/11/2022).

DPKUKMP Kota Palangka Raya sukses mengadakan pelatihan yang diikuti oleh 30 orang pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) se Kota Palangka Raya.

Dalam sambutannya Amandus mengatakan, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada peserta selama pelatihan bersungguh-sungguh dan mau belajar untuk bisa membuat kerajinan dari Getah Nyatu.

“Pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat Kota Palangka Raya serta melestarikan kearifan lokal yang menjadi khas budaya kita,” ucapnya.

Ditambahkan Amandus, tanaman pohon nyatu hingga saat ini termasuk tanaman yang susah ditemukan. Saya saja tidak pernah sama sekali melihat pohonnya dimana, jadi bapak ibu peserta pelatihan juga harus melestarikan tanaman pohon nyatu agar kelak tanaman ini dapat mudah ditemukan sehingga proses produksi tidak ada hambatan karena bahan baku yang langka,” saran Amandus.

Dikatakan Amandus DPKUKMP Kota Palangka Raya Tahun 2023 berencana membuat gudang produksi untuk menampung hasil-hasil produksi pelaku IKM maupun hasil dari petani lokal.

“Semoga melalui pelatihan ini, pelaku IKM mampu memiliki usaha yang maju untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, serta meningkatkan usaha kecil yang mandiri,” tutupnya. (MC Isen Mulang/Purba Andika/ndk)

 

Lestarikan Kearifan Lokal Dengan Menciptakan Produk Yang Bersaing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*