INFO
Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke Kalteng Capai 92.055 Orang

Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke Kalteng Capai 92.055 Orang

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Guntur Talajan mengatakan, jika kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di provinsi kalteng selama pelaksanaan libur lebaran 2019 lalu cukup tinggi.

Disebutkan, jika mengacu dari  data sementara yang dihimpun pihak Disbudpar Kalteng bersama kelompok sadar wisata (Pokdarwis) pada sejumlah obyek wisata di kabupaten/kota, maka terhitung mulai 5-7 Juni 2019, tercatat jumlah wisatawan yang berkunjung mencapai 92.055 orang wisatawan.

“Ini baru data sementara, karena belum sepenuhnya dihimpun secara keseluiruhan disetiap obyek wisata yang ada,” kata Guntur, Senin (10/6/2019).

Ia menjelaskan, dari jumlah sementara kunjungan wisatawan sebesar itu, maka lebih didominasi oleh wisatawan nusantara  (Wisnus) yang mencapai  92.040 orang. Sementara kunjungan wisatawan mancanegara hanya mencapai 30 orang.

Kunjungan wisatawan ini kata dia dapat dilihat pada objek-obyek wisata, baik kategori wisata alam, objek wisata buatan, objek wisata budaya dan objek wisata minat khusus, yang tersebar di Kota Palangka Raya, Kabupaten Kapuas, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Kapuas dan Kabupaten Katingan.

“Contoh di obyek wisata Dermaga Kereng Bangkirai (air hitam) di Palangka Raya mampu menyedot kunjungan wisatawan  mencapai 6 ribu orang selama libur lebaran,” bebernya.

Selain di Kereng Bangkirai, maka obyek wisata Sei Gohong yang juga di wilayah Palangka Raya, ternyata mampu meningkat drastis adanya kunjungan wisatawan selama libur lebaran, yakni mencapai  6.850 orang.

“Pemerintah Provinsi Kalteng terus mendorong agar semua pelaku usaha wisata dapat meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga mendorong kepariwisataan di Kalteng mampu bersaing dengan daerah lain,” cetusnya.

Selebihnya Guntur berharap, Pemerintah kabupaten/kota  dapat terus menjalankan program kepariwisataannya secara berkelanjutan, sehingga membawa sisi positif bagi pemasukan daerah dan perekonomian masyarakat. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*