INFO
Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Kalteng 2019

Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Kalteng 2019

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Provinsi diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah di Aula Bappeda Provinsi Kalimantan Tengah Jalan Diponegoro No.60 Palangka Raya, Kamis (26/9/2019).

Ketua Panitia Lomba Kadarkum, Cahyani Suryandari dalam laporannya menyampaikan lomba Kadarkum 2019 ini adalah Lomba Kadarkum yang keempat kalinya, dan tahun ini peserta lomba terdiri dari 13 kabupaten dan 1 kota.

Materi lomba dalam bentuk tanya jawab tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang, lalu lintas dan angkutan jalan, narkoba, sistem peradilan pidana anak dan tentang informasi dan transaksi elektronik dan tentang pemberantasan tindak pidana terorisme, ungkap Cahyani.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Sugianto Sabran yang di bacakan oleh Asisten II Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah, Nurul Edy menyampaikan bahwa banyak terdapat hal-hal yang positif dalam kegiatan lomba keluarga sadar hukum ini, antara lainya masyarakat menjadi paham dan taat hukum, menjalin silahturahmi antar tetangga satu dengan yang lainya dan kerukunan antar tetangga tetap terjaga, dan juga menjadikan masyarakat menjadi terpacu untuk belajar dan wawasan semakin luas.

Untuk memenuhi kebutuhan bagi masyarakat dalam hal penyelesaian berbagai persoalan hukum di semua jenjang pemerintahan serta meningkatkan kesadaran dan hasrat untuk memperoleh perlakuan dan penegakan hukum yang adil dan benar, maka diperlukan pembentukan dan pembinaan kepada kelompok keluarga sadar hukum (Kadarkum) menjadi desa sadar hukum di Provinsi Kalimantan Tengah. Di era yang semakin modern ini, masyarakat semakin kritis dan peka terhadap hukum walau terkadang sikap tersebut tidak didukung dengan pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang hukum secara teoritis ataupun di dalam aplikasinya sehari-hari. Di lingkup yang kecil yaitu keluarga, pembinaan adalah solusi yang sangat tepat untuk membantu memecahkan persoalan-persoalan hukum.

Maksud dan tujuan lomba Kadarkum adalah untuk memantapkan dan meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah serta memilih kelompok Kadarkum yang berprestasi dalam pemahaman hukum untuk diikutsertakan pada lomba Kadarkum Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada bulan April tahun 2020 di Jakarta. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*