INFO
Lomba Tangkas Terampil Koperasi Tingkat SLTA/Sederajat se-Kalteng

Lomba Tangkas Terampil Koperasi Tingkat SLTA/Sederajat se-Kalteng

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pengetahuan tentang perkoperasian akan lebih baik jika dimulai diberikan sedini mungkin kepada generasi muda melalui pendidikan, dimulai pada siswa tingkat SLTP dan SLTA, bahkan sampai ke Perguruan Tinggi. Latar belakang inilah maka dilaksanakan Kegiatan Lomba Tangkas Terampil Koperasi Tingkat SLTA/Sederajat Se-Kalimantan Tengah, bertempat di  Hotel Luwansa Jalan G. Obos No.102 Palangka Raya, Jumat (16/8/2019).
 
Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri menyampaikan, “Sebagaimana kita ketahui bersama berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 Pasal 33 ayat (1) bahwa perekonomiam disusun sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan. Koperasi sebagai sokoguru perekonomian di negara kita mengatur kehidupan ekonomi berkoperasi yang mengacu kepada Undang-undang nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian”.
 
Jumlah koperasi se-Kalimantan Tengah ada 2.388 unit Per 31 Juli 2019. Kalau kita melihat perkembangan koperasi di Kalimantan Tengah, sudah saatnyalah kita berbenah untuk menjadi koperasi sebagai gerakan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan dan mampu menciptakan lapangan kerja.
 
Berbagai kebijakan, program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah dalam rangka Pemberdayaan dan Pengembangan usaha ekonomi masyarakat melalui wadah usaha koperasi diantaranya pengembangan usaha koperasi bidang produksi, kasa, pemasaran hasil produksi melalui pelaksanaan promosi, peningkatan kapasitas atau kualitas sumber daya manusia, sistem informasi dan teknologi juga akses sumber permodalan, penataan kelembagaan dan berbagai upaya lainnya, dengan harapan koperasi khususnya di Kalteng dapat menjadi sokoguru di daerahnya.
 
Dengan diadakan Lomba Rangkas Terampil Koperasi Tingkat SLTA se-Kalimantan Tengah ini diharapkan menambah wawasan dan mengenalkan ilmu perkoperasian. Hal ini membantu siswa mempunyai sikap gotong royong dan saling membantu dalam memenuhi kebutuhan, dunia bisnis, kedisiplinan dan tanggung jawab, serta membiasakan siswa untuk gemar menabung. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*