INFO
Maksimalkan PAD Memasuki Kuartal Keempat

Maksimalkan PAD Memasuki Kuartal Keempat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya diharapkan mampu mengejar target pendapatan daerah, terutama melalui OPD yang dibebankan untuk mengisi sumber  pendapatan asli daerah (PAD).

Terlebih menurut Ketua Komisi A DPRD Palangka Raya, Subandi, saat ini sudah memasuki akhir tahun anggaran atau kuartal ke empat tahun 2019, sehingga pemko harus mampu menggenjot sejumlah sektor pendapatan penerimaan daerah tersebut.

OPD yang dibebankan untuk mengisi sumber PAD kata dia, diharapkan dapat meningkatkan koordinasi bersama pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat, sehingga target PAD yang ditetapkan pada tahun 2019 itu bisa tercapai.

Disebutkan sektor peneriman PAD yang terdiri atas pendapatan pajak, retribusi dan sumber PAD sah lainnya, kemudian Dana Perimbangan yang terdiri dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Bagi Hasil, serta pendapatan daerah sah yang lain seperti bagi hasil dari pemerintah provinsi, haruslah dimaksimalkan.

“Ya, kapan perlu walikota bisa memberikan reward kepada OPD yang berhasil mencapai target PAD. Itu sebagai salah satu pemacu OPD untuk terus  meningkatkan kinerjanya, sehingga target penerimaan PAD kedepan bisa lebih maksimal lagi,” cetusnya, Minggu (3/11/2019).

Selebihnya Subandi berharap, agar OPD yang capaian targetnya masih di bawah 50 persen, harus terus dievaluasi serta perhatian khusus oleh walikota. Hal tersebut dirasakannya penting agar dinas yang diberikan mandat untuk menghasilkan PAD tapi tak maksimal, bisa memperbaiki kinerjanya kedepan.

“Ini penting agar OPD yang memiliki kendala bisa menemukan solusi guna meningkatkan kualitas kinerja di pemerintahan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*