INFO
Maksimalkan Penanganan Dampak Kabut Asap

Maksimalkan Penanganan Dampak Kabut Asap

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kalangan anggota DPRD Palangka Raya mendukung penuh keputusan pemerintah kota setempat untuk menaikkan status kebencanaan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), dari siaga darurat menjadi tanggap darurat.

Shopie A Sitorus, anggota DPRD Palangka Raya, mengungkapkan, penetapan status tanggap darurat karhutla ini merupakan langkah tepat yang dilakukan oleh walikota Palangka Raya bersama jajarannya maupun tim satgas karhutla.

“Salah satu efek dari karhutla adalah kabut asap yang berdampak luas bagi kehidupan masyarakat. Mulai dari sektor perekonomian, sosial, kesehatan, pendidikan hingga transportasi,” terangnya.

“Status sudah meningkat, jadi seiring itu tindak nyata di lapangan harus ditingkatkan pula,” tegas Shopie menekankan, Kamis (19/9/2019).

Di sisi lain lanjut politikus Partai Perindo ini, pemerintah pusat telah mengirimkan bantuan berupa pesawat CN-295 milik  TNI Angkatan Udara Republik Indonesia. Pesawat ini akan digunakan untuk melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC), atau yang lebih dikenal dengan hujan buatan.

Dengan adanya bantuan  pesawat yang membawa misi TMC tersebut diharapkan dapat membantu memadamkan karhutla yang melanda Kota Palangka Raya setiap musim kemarau.

‘Besar harapan kita dengan hadirnya bantuan hujan buatan ini bisa menurunkan hujan, sehingga karhutla dan kabut asap dapat berkurang,” harapnya.

Disisi lain tambah Shopie, jika kondisinya karhutla maupun kabut asap di Kota Palangka Raya belum juga  berakhir, maka ada baiknya pemerintah daerah jangan sampai menurunkan status  kebencanaan apabila kondisinya  belum benar-benar teratasi. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*