TERKINI

Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) untuk menurunkan Angka Kematian Bayi dan Balita

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sejak awal tahun 2017 Puskesmas Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya, memberikan fasilitas Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS), yaitu pendekatan terpadu yang tata pelaksanaannya pada balita sakit rawat jalan dengan pengetahuan kesehatan.

Kepala Puskesmas Kereng Bangkirai melalui Penanggung jawab Ruang MTBS, Puji Rahayu menyampaikan kepada awak media center, Jumat (6/3/2020) “MTBS mencakup penyembuhan penyakit pada bayi berupa pneumonia, diare, campak, malaria, infeksi telinga, malnutrisi, serta upaya peningkatan pelayanan kesehatan, pencegahan penyakit seperti imunisasi, pemberian vitamin K, Vitamin A dan konseling pemberian ASI atau makan”.

Penerapan MTBS dengan baik dapat meningkatkan upaya penemuan kasus secara dini, memperbaiki manajemen penanganan dan pengobatan, promosi serta peningkatan pengetahuan bagi ibu-ibu dalam merawat anaknya dirumah, ungkap Puji Rahayu.

Adapun prosedur dalam pelayanan MTBS, salah satunya wawancara terhadap orang tua bayi dan balita mengenai keluhan utama, lamanya sakit, pengobatan yang telah diberikan dan riwayat penyakit lainnya. Dilanjutkan dengan pemeriksaan, Untuk bayi 2 bulan-5 tahun dilihat keadaan umum, respirasi, derajat dehidrasi, suhu, periksa telinga, status gizi, imun, penilaian pemberian makanan. dan selajutnya menentukan klasifikasi, tindakan, penyuluhan dan konsultasi dokter.

Pada kesempatan yang sama dokter ruangan MTBS Puskesmas Kereng Bangkirai, dr Erick Darossi Sinulingga juga menyampaikan ” selain layanan tersebut juga ada kegiatan konseling bagi ibu, agar ibu mengetahui dan dapat menilai keadaan anak secara dini” (MC. Isen Mulang/Bam/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*