INFO
Manfaatkan Dana Kelurahan, Bangun Sumur Bor

Manfaatkan Dana Kelurahan, Bangun Sumur Bor

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kelurahan Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, tampaknya memanfaatkan secara maksimal pengelolaan dana kelurahan untuk kegiatan pembangunan sarana prasarana (Sarpras), dan pemberdayaan masyarakat di kelurahannya.

Menurut Lurah Bukit Tunggal, M. Heri  Fauzi, selain melakukan pembangunan fisik infrastruktur, maka  dana kelurahan dimanfaatkan untuk membangun sarana penunjang  fisik lain, yang diperlukan masyarakat. Seperti pembangunan sumur bor.

“Setidaknya ada sepuluh titik sumur bor yang kami bangun dengan sasaran lingkungan pemukiman masyarakat dan kawasan pinggiran,” ungkap Heri, saat dibincangi, Senin (14/10/2019).

Kata Heri, perlunya dibangun sumur bor tersebut, tidak lain diperlukan sebagai sarpras pendukung terutama bagi lingkungan masyarakat yang selama ini wilayahnya rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat kemarau.

“Seperti pada kawasan Jalan Mahir Mahar dan kawasan Jalan Piranha serta kawasan lainnya yang masuk pada area kawasan pinggiran. Sumur bor yang sudah dibangun semuanya berfungsi dengan baik,” ujarnya.

Dikatakan Heri, dana Kelurahan yang pada tahun 2019 ini baru digelontorkan pemerintah pusat  ke pihak kelurahan,  telah dianggarkan dengan nilai ratusan  juta rupiah,  yang pencairannya dilakukan pertermin.

“Bagi Kelurahan Bukit Tunggal, maka  dana kelurahan ini dimanfaatkan untuk membangun sumur bor dan kegiatan pelatihan-pelatihan pemberdaayaan masyarakat,” ujarnya lagi.

Disamping itu melalui dana kelurahan sebut Heri, juga dimanfaatkan secara maksimal oleh pihaknya  membangun infrastruktur bagi masyarakat. Seperti pembangunan  box culver (jembatan beton) di sejumlah pemukiman warga.

Selain itu, dana kelurahan yang ada juga nantinya dimanfaatkan untuk pengadaan kendaraan TOSA sebagai pendukung Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK), serta penguatan latihan hidropolik bagi warga untuk memiliki keterampilan dalam pengembangan budi daya tanaman.

“Dana kelurahan ini sangat  membantu.Terutama memberi keseimbangan dalam pembangunan. Kami berharap pembagunan yang dilakukan benar  benar dapat bermanfaat untuk masyarakat,” tutup Heri. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*