INFO
Masih ada Lahan Kosong Terbakar di Kota Cantik

Masih ada Lahan Kosong Terbakar di Kota Cantik

MEDIA CENTER,Palangka Raya-Upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), tampaknya jangan sampai kendor. Pasalnya, meski sudah memasuki musim hujan, namun ternyata masih ada beberapa titik lahan kosong di Kota Palangka Raya yang terbakar. 
 
Ironisnya  lahan yang terbakar tersebut  sangat dekat dengan pemukiman warga. Seperti pemandangan kebakaran lahan yang terjadi pada Kamis (7/11/2019), di seputaran Jalan Tarawang Rawa, jalan Mahir Mahar, Jalan Adonis Samad, maupun di kawasan Bundaran Burung Kota Palangka Raya.
 
Terlihat petugas berjibaku memadamkan lahan yang terbakar tersebut. Bahkan para personil pemadam kebakaran ini, seolah dibuat kewalahan memadamkan api di lahan yang cukup luas hektarnya.
 
Petugas juga kerap terkendala ketersediaan air, namun begitu petugas kembali melanjutkan setelah suplai air didatangkan oleh regu lainnya.
 
Edi EMI, Komandan regu I Damkar Kota Palangka Raya menuturkan, selama sepekan terkahir pihaknya selalu disibukkan dengan lahan yang terbakar di sejumlah titik. 
 
Meski tanpa anggaran tambahan setelah status siaga dicabut, pihaknya kata dia selalu siap memadamkan api demi kenyamanan masyarakat.
 
“Waktu masih status siaga darurat. Kita ada tambahan honor. Sekarang sudah tidak ada, padahal titik api masih banyak,”bebernya.
 
Emy menyebutkan kebakaran lahan yang masih terjadi ini cukup sulit untuk dipadamkan, sebab api sudah merambah hingga kedalaman 100 Cm sampai 200 Cm ke dalam tanah gambut.
 
“Apinya masuk ke dalam kira-kira sekitar 200 Cm.Jadi kalau mau padam harus disiram terus sampai dalam, kalau nggak nanti api tetap hidup. Kita boros air jadinya,” tukasnya.
 
Karena masih banyak titik api, tambah Emy, pihaknya harus membagikan regu per regu bertugas melakukan pemadaman, shingga api bisa cepat dipadamkan dan tidak menyebar.(MC. Isen Mulang 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*