INFO
Masih Ada Tata Letak TPS  Terlalu Sempit

Masih Ada Tata Letak TPS Terlalu Sempit

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sehari sebelum hari pemungutan suara, Pemilu 17 April 2019 , Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin melakukan peninjauan pada sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada sejumlah titik di kota Palangka Raya.

Dalam peninjauan itu walikota didampingi wakilnya Hj Umi Mastikah, Kapolres Palangka Raya, AKBP Timbul RK Siregar dan Dandim 1016 Palangka Raya, Letkol Czi Chandra Adibrata, Komisioner KPU dan Bawaslu Kota Palangka Raya serta sejumlah jajaran OPD  dan Forkopimda lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, Selasa (16/4/2019).

Peninjauan ke sejumlah TPS itu sendiri dilakukan guna memastikan Pemilu 2019 di Kota Palangka Raya dapat berjalan lancar,  aman serta kondusif.

” Ya, tadi kami meninjau sejumlah TPS, seperti  yang ada di wilayah Kelurahan Bukit Tunggal dan wilayah Kelurahan Pahandut,”ungkap Fairid, usai peninjauan.

Menurutnya, dari hasil pemantauan secara umum kesiapan TPS menjelang pemungutan suara telah berjalan dengan baik. Meskipun jika ada kekurangan dan kendala kata dia, lebih kepada hal-hal yang ringan.

“Seperti penataan tempat serta area TPS speacenya masih kurang luas atau terlalu sempit,” bebernya.

Dalam kondisi demikian lanjut Fairid, dirinya telah meminta pihak penyelenggara pemilu, dalam hal ini Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada TPS untuk memperhatikan speace yang diperuntukan bagi TPS itu sendiri.

“Tadi kami melihat ada TPS yang terlalu sempit, makanya disarankan KPPS untuk bisa memperluas atau memperlebar lagi area TPSnya,” tandasnya.

Seharusnya imbuh Fairid, setiap logistik pemilu yang ada di TPS harus ditata dengan tetap menyediakan ruang yang cukup, sehingga dapat memberikan rasa nyaman bagi pemilih dan petugas KPPS itu sendiri.

Semisalkan kata dia, jarak  antara bilik suara dengan  kotak suara jangan sampai berdekatan. Begitu pula tempat warga duduk menunggu panggilan mencoblos harus ada speace khusus, sehingga tidak terkesan berdesak- desakan.

“Saya sudah meminta hal tersebut diperhatikan pihak KPPS selaku petugas yang melaksanakan pemungutan suara,” tuturnya.

Adapun dalam peninjauan pada sejumlah TPS tersebut, tidak lupa Fairid mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga kamtibmas sehingga terciptakan kondusifitas dalam pelaksanaan pemilu 2019. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*