INFO
Masyarakat Wajib Memiliki Wawasan dan Rasa Kebangsaan

Masyarakat Wajib Memiliki Wawasan dan Rasa Kebangsaan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Masyarakat bagian integral penting dalam memperkokoh suatu bangsa dan mewujudkan rasa kebangsaan. Namun tanpa harus menghilangkan identitas  ras, suku dan etnis masing-masing. Maka itulah masyarakat juga dituntut memahami wawasan dan rasa kebangsaan dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Walikota Palangka Raya, Renson sesaat sebelum membuka sosialisasi Forum  Pembauran Kebangsaan (FPK) tingkat kecamatan se Kota Palangka Raya, di Aula kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya, Rabu (12/12/2018).

Menurut Renson, FPK yang berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2016 dimana perlu diselenggarakan di daerah, merupakan bagian penting dalam membangun kerukunan nasional serta memperkokoh integrasi bangsa.

“Maka itu tugas dan kewajiban pemerintah daerah terkait dengan FPK ini adalah membina dan memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya ancaman dan gangguan,” ungkapnya.

Selain itu lanjut dia, tugas pemerintah adalah menumbuhkembangkan keharmonisan, toleransi, saling pengertian, saling menghargai, menghormati dan pembina masyarakat dalam berbagai suku, ras dan etnis.

“Melalui sosialisasi ini pemko berharap, FPK dapat menumbuhkembangkan nilai kebersamaan dan solidaritas sosial tanpa memandang etnis dan golongan dan dapat mewujudkan masyarakat Kota Palangka Raya yang rukun, damai, harmonis serta bersatu padu dalam kebhinekaan,” tuturnya.

Adapun dalam kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri. kepala Kesbangpol Kota Palangka Raya, Januminro, unsur TNI, akademisi serta para pengurus FPK. Kegiatan juga dihadiri  para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat yang ada di Kota Palangka Raya. Sosialisasi yang digelar mengambil tajuk FPK mengokohkan persatuan dan kesatuan. (MC. Isen Mulang.1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*